TIPS PENCEGAHAN MABUK PERJALANAN | MIXED FRESH INFO

TIPS PENCEGAHAN MABUK PERJALANAN

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 17 Agustus 2011, under , | 0 komentar
Ritual mudik sebentar lagi dilakukan. Ada yang mudik menggunakan bus, pesawat terbang, kereta api maupun kendaraan pribadi. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut musim mudik tahun ini. Bagi yang memiliki uang lebih pastinya memilih menggunakan pesawat terbang untuk mudik. Tapi bagi yang ingin bebas pergi kemana saja di kampung halaman tentunya memilih menggunakan mobil untuk mudik.

Berbagai sarana dan prasarana pendukung mudik dipersiapkan seperti membawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk pengecekan dan pembelian obat-obatan termasuk kondisi tubuh. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi mabuk perjalanan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan :
  • Duduklah searah dengan arah laju kendaraan
Salah satu penyebab utama mabuk perjalanan adalah posisi duduk dan arah pandangan yang salah. Posisi duduk menyamping atau membelakangi arah laju mobil akan cepat memicu rasa mual atau pusing. Sebaiknya posisi duduk menghadap ke depan.
  • Memandang obyek yang jauh
Benda atau obyek yang berada di kejauhan tidak akan bergerak secepat benda-benda yang berada pada jarak dekat kala mobil melaju. Begitu pun sebaliknya.
  • Hindari membaca
Membaca di saat mobil melaju cepat bagi sebagian orang bisa memicu rasa mual atau pusing. Walaupun membaca bisa menambah pengetahuan tapi sebaiknya ketika dalam mobil yang melaju kegiatan ini jangan dilakukan.
  • Mendengarkan musik atau lagu favorit
Mendengarkan musik bisa menghindari rasa bosan atau kejenuhan yang bisa memicu mabuk perjalanan.
  • Hindari merokok dalam mobil
Asap rokok selain memicu iritasi pada mata dan asap nikotin yang muncul akan terserap darah bersama oksigen yang dihirup sehingga menimbulkan detak jantung terpacu. Akibatnya, akan mual dan mabuk.
  • Perbanyak minum air putih dan makan makanan ringan
Penyebab mabuk perjalanan lainnya adalah berkurangnya cairan tubuh. Karena itu, perbanyaklah minum air putih, air jahe, air jeruk, atau jus buah lainnya. Untuk mencegah mual sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung jahe. Biskuit yang berbahan dari jahe atau permen jahe cukup ampuh mengusir dan mencegah timbulnya mual.
  • Hindari makanan yang berminyak dan pedas
Cara pencegahan lainnya adalah menghindari makanan yang banyak mengandung minyak dan pedas sebelum dan selama perjalanan. Makanan berminyak memicu jaringan tubuh lebih banyak menyerap air, sehingga berpotensi mengalami kekurangan cairan. Sedangkan makanan pedas bisa memicu sistem pencernaan terganggu. Selain mulas, gejala yang kerap timbul adalah mual.
  • Istirahat setelah 3 -4 jam perjalanan
Agar bisa menghirup udara segar dan melemaskan otot-otot yang kaku, sebaiknya beristirahat setelah menempuh perjalanan 3-4 jam. Pasalnya, kurangnya asupan oksigen segar ke jantung yang dibawa oleh darah akan memicu rasa mual atau pusing.

One Response to "TIPS PENCEGAHAN MABUK PERJALANAN"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.