PEMBUKAAN PASAR SAHAM BRUSSEL OLEH DUBES INDONESIA | MIXED FRESH INFO

PEMBUKAAN PASAR SAHAM BRUSSEL OLEH DUBES INDONESIA

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 17 Agustus 2011, under , , , | 0 komentar
Bertepatan dengan Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-66, Duta Besar RI di untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno, mendapat kehormatan membuka pasar saham Brussel, New York Stock Exchange (NYSE) Euronext Brussel. Pembukaan bursa saham Brussel oleh Havas ini menjadi catatan sejarah tersendiri karena ia menjadi Dubes pertama dari ASEAN dan Dubes kedua dari Asia yang pernah membuka bursa saham Brussels, sejak bursa ini beroperasi pertama kali pada tahun 1801.

Dubes Havas Oegroseno membunyikan lonceng, tanda dimulainya perdagangan saham pada hari itu, tepat pukul 9.00 waktu setempat. Sebelumnya, CEO NYSE Euronext Vincent van Dessel terlebih dahulu memperkenalkan Dubes kepada pelaku pasar saham di sana. Dubes Havas pada kesempatan itu menyampaikan gambaran performa ekonomi Indonesia yang terus berkembang dengan pesat. Dubes juga memberikan gambaran bursa saham Indonesia yang menjadi salah satu bursa yang berkembang pesat dengan performa yang baik di Asia.

Peristiwa pembukaan pasar oleh Dubes Havas ini juga langsung membawa dampak nyata. Setelah pembukaan, manajemen NYSE Euronext Brussel menyatakan ketertarikannya kepada ekonomi Indonesia dan mengajukan ajakan untuk mengadakan diskusi khusus dengan pelaku ekoomi Belgia tentang perkembangan pesat ekonomi Indonesia dan kesempatan kerjasama perdagangan dan investasi dengan Indonesia.

Selain Havas, pejabat yang pernah membuka bursa saham Brussels antara lain Presiden Dewan Uni Eropa Herman Van Rompuy pada tahun 2010 dan Wakil Perdana Menteri Belgia Didier Reynders pada awal tahun 2011. Sementara itu, terimbas melemahnya bursa saham di berbagai belahan dunia lainnya, index utama NYSE Euronext Brussel, BEL-20 dibuka pada angka 2.230,16 Euro, atau lebih rendah dari penutupan hari sebelumnya, tanggal 16 Agustus 2011 yang tercatat pada angka 2.246,92 Euro.

One Response to "PEMBUKAAN PASAR SAHAM BRUSSEL OLEH DUBES INDONESIA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.