RENCANA HIBAH PESAWAT TEMPUR F - 16 AMERIKA SERIKAT | MIXED FRESH INFO

RENCANA HIBAH PESAWAT TEMPUR F - 16 AMERIKA SERIKAT

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 24 Januari 2011, under , | 1 komentar
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Imam Sufaat mengatakan, kepastian hibah pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat (AS) kepada Indonesia masih menunggu jawaban negara adikuasa itu. "Kami berharap segera ada jawaban mengenai hal itu," katanya di sela rapat pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Senin (24/1).

Ia mengatakan, pihaknya telah mengajukan permintaan kepada Amerika Serikat (AS) terkait dengan hibah 24 pesawat tempur F-16 pada 2009, tetapi hingga kini belum ada jawaban dari negara adidaya itu. "Belum adanya jawaban dari AS, kemungkinan karena banyak negara yang juga mengajukan permintaan hibah pesawat tempur F-16. Mereka juga ingin mendapatkan hibah pesawat tersebut," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, pihaknya melakukan pendekatan khusus kepada pihak yang berwenang di AS agar permintaan Indonesia mengenai hibah pesawat tempur F-16 disetujui dan direalisasikan secepatnya. Ia mengatakan, TNI AU juga akan membeli pengganti pesawat OV-10 Bronco, helikopter, dan pesawat F-22, karena ada dana tambahan percepatan pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) sebesar Rp4 triliun. "Dana tambahan tersebut, selain digunakan untuk pengadaan alutsista juga dipakai untuk perawatan dan pembelian suku cadang alutsista. Hal itu sesuai dengan program perencanaan strategis pembangunan TNI AU 2010-2014," paparnya.

One Response to "RENCANA HIBAH PESAWAT TEMPUR F - 16 AMERIKA SERIKAT"

  1. Herdoni Wahyono Says:

    Wilayah udara Indonesia terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Memerlukan peralatan tempur yang memadai untuk mengawal dan mengamankannya. Namun dengan keterbatasan dana APBN maka pengadaan Alutsista belum sepenuhnya memenuhi harapan. Bila dibanding dengan pesawat tempur yang dimiliki Angkatan Udara negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, maka TNI-AU masih kalah. Semoga rencana hibah pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat tersebut dapat segera direalisasikan.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.