TRADISI INSPEKSI MENDADAK PEJABAT | MIXED FRESH INFO

TRADISI INSPEKSI MENDADAK PEJABAT

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 15 Agustus 2010, under , , | 6 komentar
Ada-ada saja kejadian selama bulan ramadan ini yang dilakukan oleh beberapa orang. Ada yang sibuk mencari rejeki tambahan, adapula yang ramai-ramai melakukan sidak (inspeksi mendadak) baik di kantor pemerintahan maupun pasar. Yang aku heran kenapa sidak itu harus dilakukan setiap bulan ramadhan? Pastinya pegawai atau pedagang sudah tahu kebiasaan para pemimpinnya sehingga tentunya sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Seperti yang dilakukan di beberapa daerah dimana para pejabat daerah sibuk melakukan sidak ke bawahannya yang tidak atau telat datang ke kantor pada waktu awal puasa yang lalu. Itupun mereka melakukan sidak setelah mendapatkan perintah langsung dari atasannya melalui surat edaran atau memo intern beberapa hari sebelumnya. Apakah mereka sebagai pimpinan kantor tidak bisa mengambil keputusan sendiri terhadap sikap pegawainya sendiri yang tidak menaati peraturan?

Ini juga terjadi ketika kemarin menonton berita siang di salah satu televisi swata yang membahas menteri-menteri kabinet bersatu sibuk "turun gunung" ke pasar untuk melihat perkembangan harga sembako yang katanya terus naik ketika bulan puasa tiba. Anehnya menteri-menteri tersebut ketika sidak mengatakan kalau harga beberapa barang kebutuhan pokok itu mengalami sedikit penurunan harga dari biasanya. Padahal kenyataannya tidak ada barang kebutuhan pokok yang harganya menurun. Sepertinya kebiasaan sidak oleh para pejabat di negeri ini sudah menjadi tradisi yang susah untuk dilepaskan. Kenapa juga mereka tidak turun ke lapangan ketika harga-harga sembako baru naik? Alasan yang dikemukakan pastinya tetap sama yakni harga masih naik wajar. Apa ia harga barang yang naik tiap hari bisa dikatakan wajar? Memang sih harga barang naik karena adanya hukum pasar yakni hukum permintaan dan penawaran. Apa mereka hanya mencari popularitas semata?

One Response to "TRADISI INSPEKSI MENDADAK PEJABAT"

  1. ariefborneo Says:

    Seharusnya bukan di blan ramadhan aja para wakil2 rakyat itu sidak klo bsa dlam tiap bulan mngadakan sidak y sob..tentang harga brang pada naik sepertinya sudah jdi tradisi sob...

  1. om rame Says:

    cuma Lumayan aja buat Laporan kerja biar enggak dikira makan gaji yg buta.

    ngobroL:
    itu sih terserah sobat aja, tergantung kebijakan masing2 admin. tapi (kaLo enggak saLah), katanya kaLo enggak dihapus bisa mempengaruhi konten juga ikut2an masuk ke sandbox (googLe search). sebaiknya dipeLajari duLu u/ mengapLikisan kebijakan (hapus) tsb.

  1. Winny Widyawati Says:

    Mungkin bulan puasa bulan yang unik, membuat orang ingin bekerja yang unik2 juga :D

  1. Gaphe Says:

    Saya bener-bener heran loh, padahal yang namanya Ramadhan tuh kan setiap tahun selalu ada. KEnapa setiap awal puasa namanya sembako selalu naek harganya dengan alasan stok nggak ada/kurang.. mungkin sidak itu alasannya buat ngecek siapa tahu emang ada penimbunan gitu-gitu deh..

  1. Ferdinand Says:

    halah... sidak2 doank... tapi gak diturunin harganya mah percumah aha......mending gak usah sidak tapi langsung turun harganya hhe....

    udh ketemu apa blum toh Fitur komentarnya?

  1. Science Box Says:

    tau nih, prasaan tambah kacau aja deh Indonesia...

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.