INFLASI DAN HARGA CABAI | MIXED FRESH INFO

INFLASI DAN HARGA CABAI

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 14 Juli 2010, under , , | 17 komentar
Menjelang bulan suci Ramadhan yang tidak lama lagi harga beberapa bahan kebutuhan pokok merangkak naik. Ibu rumah tangga pun menjerit seakan tidak kuasa menahan laju kenaikan harga bahan-bahan kebutuhan pokok dimana tarif dasar listrik pun telah dinaikkan oleh pemerintah. Kenaikan beberapa harga beberapa kebutuhan pokok yang tidak diimbangi dengan penghasilan yang meningkat membuat beberapa ibu rumah tangga harus ekstra keras mengatur keuangan keluarga agar cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan ke depan. Memang tidak mudah untuk dilakukan tapi apa daya masyarakat kecil yang paling merasakan dampak terbesar jika harga kebutuhan pokok naik.

Salah satu kebutuhan pokok yang melonjak tajam kenaikannya dan susah diprediksi adalah harga sayur mayur seperti cabai dan bawang merah. Akibat dari kenaikan harga cabai dan bawang merah ini adalah laju inflasi yang cukup tinggi sekitar 45,7 persen selama Juni 2010. Padahal biasanya faktor utama inflasi dipengaruhi oleh pergerakan harga beras. Namun menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa kontribusi cabai kepada inflasi yang sangat besar selama beberapa bulan terakhir kemungkinan disebabkan kondisi cuaca yang tidak mendukung untuk produksi cabai dalam jumlah besar. Selain itu ia mengatakan bahwa kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap laju inflasi (vivanews.com). Pemerintah boleh saja mengatakan bahwa tingkat inflasi bulan Juni 2010 mengalami peningkatan yang cukup tinggi karena kenaikan harga cabai tapi hal yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah adalah bagaimana langkah yang harus diambil agar harga kebutuhan sayur mayur menjadi terkendali lagi. Karena pada dasarnya fluktuasi harga barang tersebut diakibatkan oleh kurangnya antisipasi dari pemerintah yang dibuktikan dari sistem distribusi barang yang kerap mengalami keterlambatan.

One Response to "INFLASI DAN HARGA CABAI"

  1. arie... Says:

    waduh sembako makin naik terus ya bro (

  1. om rame Says:

    iyah sob, ibu saya juga suka cerita kaLau puLang dari pasar.
    mungkin peran BULOG sangat diperLukan untuk mengantisipasi kondisi demikian.

  1. Ozzys Blog Says:

    ini pertanda bagus bagi petani sebenarnya, asal tidak buru2 naikin harga pupuk sebenarnya daya beli petani menjadi terangakt, sehingga terjadi mutualisme perdagangan.

  1. Kopi Susu Pahit Says:

    rasa cabe sekarang ini tak lagi pedas ...

  1. Puguh Prasetyo Says:

    saya heran... kok dari dulu naik mulu... kapan turunya yah???

  1. Gaphe Says:

    kalo nggak mau naek harganya, nanem sendiri ajah.. hehehe.. kadang orang tahunya cuman naeknya aja, protes karena mahal, tapi nggak paham kenapa harganya naek sih.

  1. Herdoni Wahyono Says:

    Menjelang dan pada saat puasa serta hari raya, biasanya memang diikuti dengan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Kasihan sekali bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. Biasanya pemerintah melakukan operasi pasar untuk mengendalikan dan menstabilkan harga kebutuhan pokok yang ada di pasaran. Di daerah kami di bulan puasa biasanya ada pasar murah. Bahan kebutuhan pokok yang dijual harganya lebih murah daripada di pasaran karena telah disubsidi oleh Pemerintah Daerah. Banyak program pemerintah yang digulirkan bagi peningkatan hidup penduduk miskin.
    Harga Cabe memang sangat fluktuatif sekali. Bisa melonjak amat tinggi dan kadang turun sangat drastis. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Itulah mekanisme pasar. Trims sharingnya sobat. Salam sukses.

    @ Link 'Mixed Fresh Info' telah kami tautkan. Trims.

  1. anggasona Says:

    hehe, mssh naek harga ini n itu sbnrny sdh ga asing lagi, tiap taon ya bgtu, aplgi skrg sdh mau masuk bulan puasa n hari raya Idul Fitri sdh bs kebayang brp harga SEMBAKO ntr..hehehe ;) lha td pagi aja kepasar sm istri hrg cabe rawit d JGJ sdh 45ribu ke atas per kg, serem ngeluarin duitnya :D hahaha...

  1. Pakies Says:

    hhhhh ternyata topik postingan kita sering kali mirip ya Kang, padahal tidak janjian, yang penting happy bloging deh
    teruslah berkarya

  1. tomo Says:

    Sudah jadi kebiasaan harga naik menjelang puasa

  1. etam grecek Says:

    harga cabai semakin pedas....

    naik musiman nh...

  1. ariefborneo Says:

    Ibu ane tiap hari sudah mulai memangkas dana yg ada tp tetap msh kurang jg sob...setiap mau menjelang romadhon selalu aja sembako melambung...!!
    Kpan y harga yg naik bs trun..?

  1. Halaman Samping-nya Inung Gunarba Says:

    mestinya setiap pemda kabupaten dan kota segera melakukan operasi pasar sehingga distributor dan pedagang besar sayuran dan barang konsumsi terdorong menurunkan harga :)

  1. Run-D BLoG Says:

    Rakyat semakin susah ya sob dgn naikx harga sembako..!!

  1. Allien 99 Says:

    trims buat kunjungannya sob.. oke kita tukar link, link udah dipasang di favorit link-sidebar. ditunggu link baliknya ya :)

  1. Ferdinand Says:

    Kenapa selalu begitu ya Sob?? tiap hari raya pasti naik... udah kaya budaya aja...

  1. artta Says:

    gara2 harga cabe naik, skarang beli gorengan ga dikasih cabe.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.