BEASISWA PENDIDIKAN | MIXED FRESH INFO

BEASISWA PENDIDIKAN

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 13 Juli 2010, under , | 16 komentar
Banyak anak-anak bangsa yang memiliki kemauan untuk belajar dan memiliki nilai yang cukup memuaskan tetapi berasal dari keluarga yang kurang mampu. Tetapi ada salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi darat yang peduli pada nasib anak-anak kurang mampu ini. Bantuan yang diberikan perusahaan ini berupa beasiswa pendidikan yang bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan yang semakin mahal walaupun pemerintah mencanangkan program pendidikan gratis.

Tapi apa daya pihak sekolah dalam hal ini tetap saja memungut biaya pendidikan yang disamarkan menjadi "sumbangan" dengan alasan untuk kegiatan operasional sekolah. Padahal sekolah saat ini sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Buku (BOS BUKU) untuk menghilangkan praktek sumbangan tersebut. Untuk itu peran serta semua pihak dibutuhkan agar bersedia memberikan bantuannya kepada anak-anak yang berprestasi. Prestasi yang diraih oleh generasi penerus bangsa ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena sebagian dari mereka yang berprestasi ini berasal dari keluarga yang tidak mampu. Seperti yang dialami oleh tetanggaku sendiri dimana untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya saja keluarganya harus bersusah payah untuk mencukupinya. Namun aku merasa salut akan perjuangan yang ditunjukkan oleh orang tuanya dimana pendidikan anak-anaknya tetap menjadi hal yang utama. Orang tuanya pun menekankan prinsip utama kesuksesan dalam hidup kepada semua anaknya yakni kerja keras, disiplin, keuletan, kejujuran dan doa. Dan hasilnya pun dapat dilihat sekarang ini dimana sebagian dari anak-anaknya mendapatkan beasiswa hingga perguruan tinggi dan sebagian diantaranya sukses berwiraswasta.

One Response to "BEASISWA PENDIDIKAN"

  1. Gaphe Says:

    menurut pengalaman saya sih, justru orang-orang yang tidak mampu atau berasal dari background keluarga kalangan ekonomi menengah kebawah, itulah mereka-mereka yang menghargai uang.. mengargai apa yang sudah mereka bayarkan untuk mengenyam pendidikan. Banyak yang akhirnya jadi sukses, karena keseriusannya. Beda dengan orang kaya yang agak "kurang" menghargai uang..

  1. Mhya Says:

    BOS dan BOS Buku memang sudah diterapkan oleh pemerintah namun dibalik itu semua masih tergantung pada keputusan masing-masing sekolah. Karena pada dasarnya biaya operasional setiap sekolah itu berbeda-beda tergantung pada fasilitas yang ada pada sekolah tersebut, akan tetapi pemerintah dalam memberikan bantuan itu sama rata. Oleh karena itu pihak sekolah masih memungut atas kekurangan biaya operasional yang diberikan oleh pemerintah.

    kebetulan aku adalah guru dan di sekolah saya spp gratis, kalau tetangganya berminat bisa menghubungi saya via email.

  1. Ozzys Blog Says:

    sip terus bekerja keras meningkatkan mutu pendidikan anak bukan tergantung pada BOS saja, tapi bagaimana orang tua mampu membimbing anak nya dalam belajar

  1. Finips - Financial Tips Says:

    work hard... study hard... and you will get what you dream tomorrow...

  1. Puguh Prasetyo Says:

    Moga-moga bantuan berupa beasiswa akan selalu ada terutama buat anak-anak yang membutuhkan....

  1. tomo Says:

    Beasiswa penting gan.
    Jangan disepelekan

  1. Pakies Says:

    itulah orang tua yang tebuka hatinya dan berpandangan ke depan.

    Slogan sekolah gratis hanya permukaannya, kenyataannya justru biaya biaya lainnya justru lebih besar, seragam, buku, sepatu, sumbangan dll. Pantas saja masih banyak orang pintar terlantar

  1. Herdoni Wahyono Says:

    Program Pendidikan menjadi salah satu program yang mendapat perhatian lebih dari Pemerintah. Paling tidak 20 % dari anggaran untuk pendidikan. Sekarang digulirkan Program Wajib Belajar 12 Tahun. Sekolah gratis, namun bukan dalam pengertian 'semuanya ditanggung oleh sekolah atau pemerintah'. Orang tua harus menyediakan keperluan anaknya seperti seragam, sepatu dan lainnya. Bagi anak yang orang tuanya tidak mampu atau miskin tentunya mendapatkan bantuan dari Pemerintah lebih-lebih apabila dia berprestasi di sekolah. Hanya saja pada saat ini biaya memasuki perguruan tinggi 'relatif mahal'. Namun bagi mahasiswa yang pandai dan orang tuanya miskin, tersedia beasiswa yang nilainya cukup lumayan. Semoga Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya. Indonesia bisa!

  1. Ferdinand Says:

    Miris bgt klo denger cerita kaya gni Sob..... ada yang semangat banget untuk menimba ilmu tapi orang tuanya ga berkecukupan dan ga jarang akhirnya berhenti ditenag jalan... tapi ada yang orang tuanya mampu sekolahnya ogah-ogahan....

    selain itu BOS juga ga ada ngaruhnya sama Siswa.....susah emank pendidikan di INdonesia Sob...

    Semangat N happy blogging!!

  1. Paksi Dirgantara Says:

    andai ada BOS buat kuliah

  1. anggasona Says:

    smoga sj dunia pendidikan di Indonesia bs lbh baik, lagian jk emg pemrintah indonesia ingat dgn UUD 45 ttg anak2 indo yg harsnya menjadi ttggung jawab pemerintah dan tntuny penddidikan harus gratis smuanya..hmm :)

  1. Wibisono Arisan Blackberry Says:

    Semoga beasiswanmya sampoai ke tangan siswa yang benar membutuhkan. thx dan saya tunggu kunjungan anda selanjutnya

  1. Run-D BLoG Says:

    Setuju banget dgn program beasiswa dari perusahaan transportasi tsb!

  1. BOOK ONLINE Says:

    yup bener juga sih sob, masih banyak koq yg terpaksa ga sekolah gara2 ga bisa bayar sekolah.. kasian sob ku liatnya, moga suatu saat ku bisa membantu dengan kemampuanku.. amin..

  1. artta Says:

    perguruan tinggi juga perlu beasiswa sob. kayak aku ini, kuliah mengandalkan beasiswa. ^_^

  1. four dreams Says:

    wah iya tuh, banyak juga di lingkungan saya sob yang seperti itu, ad juga yang anaknya pinter, semangat belajar, ingin meneruskan kuliah, tetapi orang tuanya yang kurang mampu untuk membiayainya, sayang sekali padahal anaknya benar-benar jenius, sekarang dy kerja di kampungnya. (sahabat saya sob waktu SMA) numpang curhat :)

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.