HARI PERTAMA SEKOLAH | MIXED FRESH INFO

HARI PERTAMA SEKOLAH

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 12 Juli 2010, under , , | 18 komentar
Kegiatan belajar mengajar di sekolah dimulai hari ini. Biasanya ketika pertama kali masuk sekolah terasa ada sesuatu yang baru terlebih lagi bagi murid baru atau anak-anak kecil yang sekolah untuk pertama kalinya. Beberapa orang tua malahan sampai harus mengambil cuti hanya sekedar untuk menemani anak kesayangannya sekolah untuk pertama kalinya. Banyak kejadian lucu yang bisa dilihat pada Taman Kanak-kanak (TK) maupun sekolah dasar. Ada beberapa anak yang diantaranya masih malu, takut karena suasana sekolah yang merupakan lingkungan baru buat dirinya. Dan akibatnya para ibu-ibu terpaksa ikut masuk ke dalam kelas agar anaknya mau duduk diam di kelas. Kebetulan pihak sekolah memberikan kelonggaran bagi para murid kelas satu atau murid taman kanak-kanak untuk ditemani orang tuanya selama 1 minggu biar mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan.

Selain itu beberapa murid juga masuk sekolah dengan suasana hati yang senang karena menggunakan sepatu baru, baju baru, tas baru atau segala perlengkapan sekolah lainnya yang baru. Tapi semua itu akan berjalan seperti semula seiring berjalannya waktu. Namun tidak demikian dengan mereka yang baru menginjakkan kaki di sekolah yang lebih tinggi seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Para murid baru ini harus menjalani proses pengenalan sekolah yang biasa dikenal dengan nama "Masa Orientasi Sekolah atau MOS". Seperti namanya MOS diperuntukkan buat siswa baru agar lebih mengenal sekolahnya sendiri dan lebih membuat mental siswa bisa kuat. Jangan sampai ketika masuk sekolah dengan jenjang yang lebih tinggi mental siswa malahan masih seperti anak kecil yang harus ditunggu orang tuanya. Dalam MOS ini para siswa baru dituntut untuk menggunakan atribut-atribut yang aneh seperti membawa dot bayi, sikat gigi digantung di leher, menggunakan tas plastik sebagai tas sekolah dan sebagainya. Tapi hendaknya semuanya itu dijalankan asalkan tidak ada lagi yang namanya kekerasan dalam MOS. Jika harus memberikan hukuman hendaknya dengan cara-cara yang lebih mendidik bukannya dengan melakukan pemukulan. Sebab dengan cara itulah budaya kekerasan dalam Masa Orientasi Sekolah bisa dihilangkan.

One Response to "HARI PERTAMA SEKOLAH"

  1. om rame Says:

    berdasarkan pengaLaman pada yang sudah-sudah, terkadang program MOS maLah jauh dari tujuan awaL. yakni hanya sekedar program hura-hura dan pemborosan waktu, tenaga, dan biaya yang Lebih buruk Lagi berujung pada tindak kekerasan.

  1. Gaphe Says:

    macetnya itu loooh!.. dimana-mana macet, banyak orang tua nganterin anaknya..

  1. Ozzys Blog Says:

    Kalau Awal2 musim sekolah gini rezeqi mas buat istri saya, soalnya banyak sekali pesanan seragam sekolah, he he, alhamdulillah

  1. buret Says:

    setuju sob, budaya MOS, PPSK, OSPEK atau istilah lainnya, sering dimanfaatkan sebagai simbol kekerasan oleh para senior atau oknum pendidikan yang lain.

  1. Pakies Says:

    Memasuki dunia baru seharusnya tidak melalui tekanan-tekanan. Akan lebih arif kalau siswa baru dikenalkan bagaimana menjadi bagian yang baik dari sekolah itu. Jangan ada lagi kekerasan, sebab bisa membunuh karakter bukannya membangun kebaikan

  1. Munir Ardi Says:

    anak saya baru masuk sekolah juga kemarin repotnya

  1. Ferdinand Says:

    Wah iya ya Sob....Semuanya udah mulai masuk Sekolah hhe.....iya tuh Ponakanku ada yang baru di MOS kemaren segala pake ikut nebak2 Kedelai Jaket goreng lah, kelereng Crispy, haha.......

    Setuju ama point terakhir Sob...klo NG'MOS ya yang wajar2 aja jangan kaya di IPDN hhe......

    Semangat N happy blogging!!!

  1. Wibisono Arisan Blackberry Says:

    Seru ngumpul bareng sohib di hari pertama sekolah, pasti pulang cepat ya.sukses belajarnya dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan

  1. Land of Oase Says:

    jadi teringat dulu masa2 sekolah... tk, sd, smp dst... sekolah kegiatan yang paling menyenangkan... kecuali kalo lagi males hahaha....
    kawan saran aja nih: warna fontasi-nya kurang gelap (hitam)... saya bacanya sampe mendelik-delik... hehe... happy blogging...

  1. ariefborneo Says:

    Kemaren ngurus ponakkan ane yg bru masuk sekolah jga frend...mos kebnyakan hanya menjurus ke intimidasi adik2 kelas y sukur2 gada kekerasan..

  1. syahidacomputer Says:

    Masalah MOS harus ada pengawasan dari pihak sekolah, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan selalu mengedepankan pembelajaran akhlak, sopan santun, serta budi pekerti yang luhur.

  1. om rame Says:

    baru 2 hari masuk ke tahun ajaran baru, tadi diberita saLah satu media teLevisi ada oknum perangkat di beberapa sekoLah yang meLakukan tindakan kekerasan.
    semoga kejadian tersebut tidak terjadi untuk hari berikutnya.

  1. Arya jafarudin Says:

    saya stuju skli dg anda,,
    kkrasan dlm pnddikan hrus di hilngkan,,,

  1. four dreams Says:

    selamat tahun ajaran baru 2010-2011 :)

  1. AmruSite Says:

    Memang MOS adalah pengalaman yg sangat berharga & sangat menyenangkan walau terkadang jg menyebalkan krn ulah kakak2 kelas, heheh
    Salam blogger,,

  1. ariefborneo Says:

    Klo masalah MOS...Sebaiknya di isi dengan hal2 yg positif aja

  1. bintang jadi bolang Says:

    selama saya ikutan MOS masih menyenangkan aja tuh. malah banyak kenangannya. dan sisi positif tentunya.

  1. BOOK ONLINE Says:

    wah sob ane lupa nih rasanya baru masuk sekolah,, dah 3 taun lebih lulus sekolah nih.. ne aja dah mau lulus kuliah juga sob,, he..he..

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.