KOK DIKASIH PERMEN SIH | MIXED FRESH INFO

KOK DIKASIH PERMEN SIH

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 15 Juli 2010, under | 20 komentar
Pernahkah teman ketika berbelanja di swalayan atau toko diberikan permen sebagai uang kembalian? Alasan yang dikemukakan oleh kasir toko atau swalayan tersebut adalah mereka tidak memiliki uang receh. Padahal permen bukan merupakan alat pengganti pembayaran yang sah (legal tender) sehingga praktek pengembalian uang recehan dengan permen sebagai satu tindakan melawan hukum. Memang nominal uang recehan itu tidak besar yang buat sebagian orang tidak ada artinya. Tapi bagaimana dengan orang yang memiliki penghasilan yang sangat terbatas maka uang receh tersebut tentu saja sangat berguna. Jika uang receh tersebut dikumpulkan tentu saja bisa membeli barang kebutuhan pokok yang lainnya dan lebih bermanfaat daripada permen.

Nah berdasarkan cerita temanku ketika waktu sekolah dulu, ia sangat kesal jika berbelanja diberikan permen sebagai pengganti uang recehnya. Padahal uang receh tersebut lebih berguna daripada permen. Untuk itu ia selalu berbelanja di tempat yang sama dan selalu diberikan permen sebagai pengganti uang recehnya oleh kasir. Ketika permennya terkumpul dalam jumlah yang banyak lengkap dengan bukti pembeliannya ia pun berbelanja di toko tersebut dan membayar barang belanjaannya dengan permen yang diterimanya selama ini. Pihak kasir pun dengan tegas menolak permen tersebut dengan alasan permen bukan merupakan alat pembayaran, tetapi temanku itu tidak kehabisan ide ia pun memberikan bukti pembelian selama ini. Dan akhirnya pihak toko tersebut akhirnya merelakannya dan sejak saat itu toko tersebut tidak lagi memberikan permen kepada pelanggannya jika ada uang kembalian.

One Response to "KOK DIKASIH PERMEN SIH"

  1. Gaphe Says:

    waah cerdik juga tuh temennya.. kalo saya sih, sekalinya belanja di satu tempat dikasih kembalian permen.. mending nggak lagi-lagi kesitu deh..

  1. Cerita Hujan Says:

    hmmmm.... cerita yang menarik sob, buatku jadi tersenyum... ^_^

  1. Allien 99 Says:

    hahaha.. kreatif sekali cara mendidik pihak toko dengan cara yang sama. nice article sob. ijin jadi follower blog ini ya.. :)

  1. Pakies Says:

    Kang aku jadi malu nih, maklum sebagai pedagang susah mencari uang receh Rp 50, ya terpaksa kasih permen. Kalau kembalian Rp 100 ke atas, ane usahakan selalu kasih uang logam, biar pelanggan tidak merasa kecewa kalau kembalian 200 di kasih permen.

  1. om rame Says:

    saya setuju dengan komentarnya Pak Ies, untuk haL yang memang daLam keadaan terpaksa. tetapi kaLau sudah niLainya di atas tersebut (diatas 50 rp) akan saya minta kembaLiannya apaLagi keLas superkampret, karena permen bukanLah aLat transaksi yang sah.

    ngobroL.
    mengenai provider 3, seteLah saya cek memang sekarang sudah tidak menggunakan program unLimited dan diganti dengan program kuota. daLam kapasitas penggunaan inet saya, saya setuju dengan program tersebut karena merasa di untungkan dengan murahnya biaya.
    contoh pada kuota 5GB (100rb) tiap buLannya masih ada sisa kuota yang saya gunakan, maka pada buLan berikutnya saya coba turunkan pada kuota 2GB (50rb).

  1. Winny Widyawati Says:

    Syukurlah pemilik tokonya langsung tanggap dengan model "teguran" yg apik seperti itu. Lha kalo ngotot gmn ya ???

  1. ariefborneo Says:

    Wah kalo ane sih biasa di kash kemblian permen..apa lg klo kemblian nya 50rupiah atau 100rupiah kalo buat saya sih ngga jdi masalah sob...hehehe
    Mantap artikel nya

  1. Puguh Prasetyo Says:

    itu udah jadi budaya kayaknya di masyarakat kita.

  1. syahidacomputer Says:

    Memang seharusnya kembalian tetap berupa uang, walaupun receh. Kalau toh terpaksa dengan benda lain .. harus ada persetujuan ijab qobul dengan pembelinya.
    Itu menurut saya ...

  1. Kopi Susu Pahit Says:

    sebuah aksi simpatik tapi menampar muka ... ide yang briliant dari tu anak ....

  1. Pakies Says:

    kembali lagi beli air mineral bayar dengan permen satu kresek hhhh, sugeng enjing Kang

  1. iplock Says:

    wuih dari ceritanya emang perlu kasih pelajran ntuh ma kasir ke gitu!!!
    tp sayang sob, hampir jaman sekarng ga pake uang receh lagi,liat aja barang pada naik,naiknya jg ga recehan tp ribuan,hehee...

  1. Ferdinand Says:

    Wah iya tuh aku juga seringko lagi beli Roti di Supermarket... lama2 klo ga da kembalian 10.000 dikasih permen 100 biji haha......

    maaf baru bisa berkunjung.......gy banyak kerjaan Offline Sob.. met aktivitas ya Sob...

  1. aLamathuR d'hileudjapanist II Says:

    Hahaha... tuh anak berbakat banget! idenya sangat brilian.. andai saja semua konsumen bertindak sama, mungkin kedepannya kasir swalayan2 bakal punya kotak khusus (diluar mesin cash register) sebagai tempat menyimpan recehan2... mungkin bentuknya bisa sepei celengan ayam... heheheee...

  1. Ipin's cool Says:

    memnag ini terjadi di setipa toko begituuu ...alasan gak ada receh permen aja yahh....
    bagus juga tuh orang telkaten kumpulin permennya hehhe..
    rasa kesal dari dulu di tampung hingga permen menumpuk baru di lampiaskan ke kasir wkwkwk

  1. Ozzys Blog Says:

    ha ha ha ha asli nagkak mas, pasalnya temenya itu sama persih sama yang aku lakuin, cuman lebih gila, saya benci sama salah satu store di deket rumah saya karena selalu memberikan permen sebagai kembalianya, biasanya dihargain 100 rupiah/permen.
    Nah saya isengin belanja permen mas.....waktu di kasir saat mau bayar, trus saya bilang gini "maaf mbak saya mau buka permen yang saya beli tadi" dikasih deh ma kasir nya. Trus saya hitung permen itu dan saya bayar pakai permen itu, waktu itu saya inget sayamasih pegang 12 biji permen dari sisa bungkusan besar tadi...
    Hua hua hua hua kasirnya marah2...eh marah kog sama aku....salah besar hua hua hua.
    Trus endingnya saya ga bayar tuh permen deh langsung cabut, trus samapai sekarang ga pakai kembalian permen lagi.
    ::Salam Hangat::

  1. Yuda Says:

    Bner nih, kadanga saya juga gituh. kembaliannya suka permen, padahal lagi butuh recehan..

  1. Rizky2009 Says:

    aq sering ngalamin hal ky gini kalau lg belanja, tp aq y g ambil peduli

  1. John Terro Says:

    hahah ... berani juga temen kamu
    biar kapok tuh si pemilik toko :D

  1. tiwi Says:

    hoho...biar kapok yah tokonya..aku jg suka sebel kl belanja diksh kembalian perman, tp ya gak protes hbs tiap selesai di kasir, anakku yg kcl(mmg suka bgt sm permen n sebangsanya...)langsung minta permen kembalian itu, walopun permennya rasa mint xixi..ya tetep aja dia doyan..menarik nih postingannya..trims..

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.