ANCAMAN BAWAH LAUT | MIXED FRESH INFO

ANCAMAN BAWAH LAUT

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 16 Juli 2010, under , | 15 komentar
Alam semesta memang penuh dengan misteri yang belum terpecahkan. Banyak hal yang masih belum diketahui oleh umat manusia diseluruh dunia. Buktinya belum ada satu alat pun hasil ciptaan manusia yang bisa mendeteksi kapan terjadinya banjir, tsunami, gunung meletus, gempa bumi maupun bencana alam lainnya. Selain itu ancaman yang diterima oleh manusia di bumi tidak hanya datang dari daratan saja tetapi juga bisa datang dari bawah laut. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya gunung berapi bawah laut.

Ancaman bawah laut ini aku ketahui ketika menonton acara berita di salah satu televisi swasta beberapa hari yang lalu dimana gabungan tim Indonesia Ekspedisi Sangihe Talaud (Index/Satal 2010) bekerja sama dengan Indonesia-Amerika Serikat menemukan cerobong gunung api di bawah laut dengan suhu cukup tinggi, yakni 300 hingga 400 deracat celcius. Tinggi gunung di dasar laut itu mencapai 10.000 kaki atau kurang lebih 3.000 meter. Posisinya terletak di kedalaman 18.000 kaki di perairan Kepulauan Kawio, Sulawesi Utara. Ekspedisi itu dimulai awal Juli 2010 dan direncanakan berlangsung sampai 10 Agustus 2010. Kegiatan yang melibatkan 32 ilmuwan Indonesia dan 12 ilmuwan Amerika Serikat dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) yang berada di bawah naungan Departemen Perdagangan AS itu juga menganalisis hasil-hasil eksplorasi bawah laut dengan kapal riset Okeanos Explorer.

Menurut harian umum kompas, gunung berapi bawah laut di wilayah Indonesia ada 5 buah diantaranya :
  • Di perairan Sulawesi Utara yang dinyatakan masih aktif adalah Gunung Submarine yang berada di bawah laut sebelah barat Pulau Marore yang pernah meletus pada tahun 1922.
  • Gunung Mahangetang (BanuaWalu) yang letaknya tidak jauh dari Pulau Mahangetang.
  • Diperairan Banda ada Gunung Niuwewerker (1927) dan Emperor of China.
  • Gunung Hobal (1999) di perairan Nusa Tenggara Timur.
Bisa dibayangkan jika gunung raksasa di dasar laut itu meletus, dapat berakibat kerusakan hebat disertai tsunami.

One Response to "ANCAMAN BAWAH LAUT"

  1. Arya jafarudin Says:

    bencana trjdi kpan saja,oleh krna itu kita slalu waspada,dan slalu mnjag alam kita
    thanks infonya

  1. tomo Says:

    Wah wah bahaya gan ya jika ada gunung berapi di bawah laut.
    Kalo meletus tsunami terjadi kayaknya ya

  1. Ozzys Blog Says:

    sebenarnya jangan takut sih menurut saya, yah cuman sebagai pengetahuan saja, bahwa indonesia memang vulcano geoghrapical, hehe jadi ya anggep saja kita beruntung berada di negeri seperti ini ,soal meledak dan gempa itu Tuhan yang tahu, kita berusaha mempersiapkan diri aja denga teknologi2 untuk menghadapi gempa dan letusan ini.

  1. Bunglon Blog Indonesia Says:

    hmmm memang bener sekali sob banyak sesuatu yang tersembunyi yang terkadang tidak pernah dideteksi manusia sebelumnya, yach semoga saja semua bisa kita ambil hikmah dari setiap peristiwa yg terjadi di muka bumi
    Sukses Slalu!

  1. Halaman Samping-nya Inung Gunarba Says:

    pas banget dengan posisi kita di kawasan 'cincin api', bejibun gunung berapi dan potensi vulkanik. semoga menjadi berkah meski kita perlu waspada pada bencana ;)

  1. TUKANG CoLoNG Says:

    sekarang manusia harus selalu wapada a berdoa serta nabung pahala sebab bahaya udah mengintai dari segala arah.

  1. om rame Says:

    karena Letak geografis negara kita memang demikian, hendaknya jangan ditakuti namun diwaspadai. terima kasih atas sharenya.

    ngobroL.
    saya tau kuota provider tersebut baru beberapa kemarin saat ngeshare mengenai permasaLahan yang pernah sobat sampaikan.
    2 hari kemarin provider ini mengaLami gangguan koneksi seteLah saya contact CSnya, karena saya juga mengaLami keLemotan Loading.
    mengenai kuota bisa menyebabkan koneksi inet kita Lemot kaLau sudah habis masa kuotanya namun tidak diLakukan perpanjangan kuota (kena biaya), biLa tetap mempertahankan kuota Lama yang sudah habis masa kuotanya maka kita hanya dapat kecepatan 64kbps. sehingga cermatLah untuk memiLih paket kuota yang ditawarkan, sesuai dengan kebutuhan penggunaan kuota perbuLannya.
    kaLau untuk kapasitas penggunaan inetcsaya, kuota yang ditawarkan pada program 2GB (50rb) masih cukup untuk digunakan untuk tiap periode. sudah saya peLajari, untuk rata-rata penggunaan inet seseorang dengan kuota 5GB (100rb) sudah cukup mumpuni untuk digunakan tiap periode peroLehan kuota perbuLannya. sebagai contoh teman saya yang menggunakan inet siang-maLam (sekitar 12 jam perhari) dengan menggunakan kuota 5GB tidak terkendaLa kehabisan kuota.
    sudah saya perhitungkan dengan berbagai provider Lain, provider kita termasuk yang termurah dan tercepat untuk sekeLasnya. sehingga provider ini masih saya pertahankan dan dengan tawaran paket terbaru cukup menghemat kovet, entah dengan sobat?.

  1. Pakies Says:

    potensi tsunami di negara kita sudah merupakan hal yang perlu dipahami sehingga secara mental dan perilaku masyarakat kita sudah memiliki kesiapan dalam kondisi dan situasi apapun

  1. tomo Says:

    ancaman yang menakutkan

  1. Yuda kurniawan Says:

    Iya nih, katanya juga ada sebuah gunung berapi di daerah perairan Sumatera. Mungkin Anda bisa cari tahu di google selengkapnya. Yang saya takutkan sih, takut nanti Indonesia, bener-bener tenggelam ketika gunung berapi meletus. Soalnya bila ada magma yang keluar berarti di dalam gunung itu terjadi kekosongan ruang,, ya kaya Lapindo deh.

  1. anggasona Says:

    info bermanfaat sob, emg kita harus sdkit waspada dng hal sperti ini karena bencana bs dtang kapanpun dan dimanapun :)

  1. Ferdinand Says:

    Wah sangihe talaud ya Sob... aku juga denger beritanya di TV.... ya klo Gunung bawah laut kan emank banyak di negara kita maklum lempeng bumi terus berubah dan yang tadinya gunung banyak yang sekarang jadi laut.. jadi ga bisa dihindari ancaman bencana bawah laut kaya gni hhe.....

    semoga ga terjadi aja deh Sob.......

    Semangat N happy blogging!!!

  1. Indahnya Kebersamaan Says:

    Tinggal tgu tanggalnya adja kalo gtu,

    Eh Sob, mank pada pakai provider apa sama om_rame?

  1. Extreme Webz Says:

    wah bahaya nih di sultra....mudah2n...itu akan ttp menjadi gunung yg tdk pernah aktif

  1. Mhya Says:

    sebenarnya itu bukan ancaman kalau kita mau mensyukuri nikmat Allah SWT, karena dengan adanya gempa, gunung meletus itu bisa merubah bentuk muka bumi, dan itu semua dinamakan gejala geologi. Karena pada dasarnya bumi ini terbentuk atas dua tenaga yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen.

    happy blogging

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.