ACEH KEMBALI BERDUKA | MIXED FRESH INFO

ACEH KEMBALI BERDUKA

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 09 Mei 2010, under , | 11 komentar
Bencana alam tidak henti-hentinya mengguncang tanah air tercinta kita, mulai dari tanah longsor, banjir, kebakaran hutan dan gempa bumi. Hari ini gempa bumi dengan kekuatan 7,2 skala richter kembali mengguncang tanah Serambi Mekkah tepatnya mengguncang Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa besar yang mengguncang Nanggroe Aceh Darussalam itu terjadi pukul 12.59 Waktu Indonesia Barat (WIB). Lokasi gempa berada di 3,61 Lintang Utara dan 95,84 Bujur Timur. Gempa terjadi di kedalaman 30 kilometer dan berpotensi Tsunami. Hal ini tentu saja sangat menakutkan masyarakat Meulaboh karena masyarakat setempat merasa trauma karena wilayah Meulaboh adalah salah satu daerah yang terdampak paling parah dalam peristiwa tsunami 2004. Gempa tersebut terjadi karena penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah eurasia di dasar laut.
Tapi tahukah teman-teman apa sih gempa bumi itu? Gempa bumi yang terjadi tadi siang itu termasuk gempa apa? Jangan kita hanya tahu ada gempa bumi tapi tidak mengetahui gempa bumi itu apa, apa saja tipe gempa bumi, apa saja yang mesti dilakukan ketika terjadi gempa bumi dan sebagainya.

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.

Pada umumnya gempa bumi itu terdiri dari 2 tipe yaitu :
  1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempabumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
  2. Gempa bumi tektonik ; Gempabumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik. Sehingga dapat disimpulkan gempa bumi yang melanda Meulaboh merupakan gempa bumi tektonik
Lantas apa yang mesti dilakukan jika terjadi gempa bumi?
  • Ketika gempa bumi terjadi segeralah keluar ruangan mencari areal yang terbuka dan menghindari bangunan. Tetapi jika anda berada dalam gedung yang tinggi dan tidak memungkinkan untuk keluar ruangan, berlindunglah di bawah meja yang kokoh untuk melindungi diri anda.
  • Jangan menggunakan lift atau tangga ketika gempa terjadi karena aliran listrik kemungkinan akan mati dan tangga merupakan kontruksi yang rapuh sehingga membahayakan diri sendiri.
  • Ketika anda terjebak dalam ruangan usahakan tetap tenang dan bernafas dengan menggunakan baju anda untuk menghindari debu yang masuk. Dan berikan tanda yang bisa membuat orang atau tim penolong mengetahui bahwa anda masih dalam keadaan hidup.
  • Jika gempa bumi berpotensi tsunami, maka segeralah menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.
Mungkin itu saja yang bisa aku berikan buat teman-teman semuanya. Buat info tambahan kini kondisi di Aceh telah normal kembali. Lalu lintas yang awalnya semrawut karena banyak warga yang menyelamatkan diri, telah normal lagi. Semoga saja gempa bumi tidak terjadi lagi di seluruh wilayah Indonesia sehingga air mata saudara-saudara kita tidak lagi tumpah di tanah air Indonesia ini.

One Response to "ACEH KEMBALI BERDUKA"

  1. Business and financial services Says:

    tapi gempa yg kali ini tdk menimbulkan tsunami, semoga saja tdk terjadi gempa susulan yg lebih kuat. untuk masyarakat NAD harus tegar dan tabah menghadapi nya

  1. Jiox Says:

    semoga gempa tidak merembet ke gedung senayan, biar anggaran negara ga cepet tekor :)

  1. BSI Says:

    semoga negeri ini di hindarkan dari musibah, Amin

  1. Ferdinand Says:

    Wah aku juga udh denger berita ini Sob.....Aku juga masih agak ga percaya paz denger beritanya maklum Tsunami masih belum terlalu lama koQ udh ada bencana baru.......Semoga diberikan yg terbaik aja lah oleh Yang Maha Kuasa....Amin....

  1. GADO GADO Says:

    memang dunia ini semakin tua saja.

  1. Butik Bella Says:

    Semoga diberikan kesabaran yang tiada batas.. Hidup hanya sementara dan kita juga gak tau apa yang akan terjadi pada diri kita sendiri kelak...

  1. teddytrump Says:

    aku juga merasakan di kota ku

  1. subandi sukses Says:

    ujian memang untuk saudara kita di Aceh, semoga mereka tabah dan sabar menghadapinya dan semoga dilimpahkan rahmat tuk mereka

  1. Bisnis Fantastis Says:

    Semoga gempa ini semata hanya pergerakan alam, dan negeri kita selalu terlindungi dari mara bahaya dari pergerakan alam seperti gempa, gunung berapi dll..
    dan turut berduka yang menjadi korban dari gempa di aceh.

  1. terko Says:

    Semoga negeri ini tenang dan damai

  1. akhatam Says:

    Moga ga ada Korban dari gempa tersebut....

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.