PASKIBRAKA | MIXED FRESH INFO

PASKIBRAKA

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 30 Juli 2010, under , , | 10 komentar
Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebentar lagi akan tiba. Berbagai persiapan dilakukan di seluruh wilayah propinsi Indonesia untuk menyambut hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Persiapan-persiapan yang dilakukan pemerintah daerah antara lain memasang berbagai umbul-umbul dan bendera merah putih berbagai macam ukuran, menghias gedung-gedung pemerintahan dengan atribut merah putih. Tidak hanya pemerintah daerah yang sibuk mengurus persiapan untuk menyambut acara detik-detik kemerdekaan Proklamasi RI, tapi juga seluruh lapisan masyarakat pun ikut serta dengan mempersiapkan berbagai macam perlombaan yang akan di adakan bertepatan pada tanggal 17 Agustus. Perlombaan yang biasa diadakan dalam menyambut perayaan 17 Agustus adalah panjat pinang, lari balap karung, dan berbagai macam perlombaan rakyat yang sudah lama ditinggalkan pun kembali dimainkan ketika HUT Kemerdekaan RI.

Selain itu semua, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merupakan tim yang paling sibuk karena berlatih sepanjang hari demi kesuksesan upacara yang akan disaksikan oleh semua tamu undangan dari perwakilan negara tetangga dan veteran perang. Tugas yang diemban anggota Paskibraka ini cukup berat karena mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Tidak sembarang orang bisa menjadi anggota paskibraka ini karena harus berasal dari siswa siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas kelas 1 atau kelas 2 dan melalui seleksi yang sangat ketat mulai tingkat wilayah, propinsi dan nasional. Lambang dari organisasi paskibra adalah bunga teratai.

Gagasan Paskibraka lahir pada tahun 1946, pada saat ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta. Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-1, Presiden Soekarno memerintahkan salah satu ajudannya, Mayor (Laut) Husein Mutahar, untuk menyiapkan pengibaran bendera pusaka di halaman Istana Gedung Agung Yogyakarta. Pada saat itulah, di benak Mutahar terlintas suatu gagasan bahwa sebaiknya pengibaran bendera pusaka dilakukan oleh para pemuda dari seluruh penjuru Tanah Air, karena mereka adalah generasi penerus perjuangan bangsa. Sejak saat itulah setiap tahun selalu diadakan seleksi anggota paskibra dan selalu menjadi impian setiap siswa-siswi seluruh Indonesia. Ini tentu saja bisa meningkatkan jiwa nasionalisme pelajar dan berusaha untuk mengurang aksi tawuran yang kerap terjadi belakangan ini.

One Response to "PASKIBRAKA"

  1. Gaphe Says:

    tapi seru juga lho jadi paskibra.. ketemu presiden, jalan2 gratis, dikasih uang saku jutaan, bikin ngiler tuh pas diceritain temen saya yang dulu jadi paskibra

  1. genial Says:

    mari kita sama-sama bersiap... dirgahayu republik indonesia.. keberapa iia..?!?!?!? hhhmm...

  1. rezKY p-RA-tama Says:

    indonesia merdeka
    hahahaah

  1. iplock Says:

    paskibra??
    dah lama ga pernah lagi,ampir lupa nih...

  1. Nyayu Amibae Says:

    hehehe.. jadi ingat waktu skul dulu....

  1. tomo Says:

    Wah besok sudah memasuki bulan agustus.
    Banyak persiapan dimana2

  1. Lusi Says:

    MaMper kaaq
    lusi gk lolos jd paskibraka

  1. bajumuslimmuslimah Says:

    Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku...hehehe
    Rumahnya (Blognya...red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku...
    http://obatjerawatalami.blogspot.com
    http://bajumuslimmuslimah.blogspot.com
    http://pakaianbajupengantin.blogspot.com


    Salam Blogger, Sukses Menjalin Silaturahmi....


    Wassalm,,,,

  1. Bang rachmat Says:

    udah masuk bulan puasa ya sob, jadi kayaknya ga ada lomba nich.

  1. Ferdinand Says:

    Wah paskibraka emank punya peran penting tuh di upacara kemerdekaan... klo aku mag ga bakat Sob.. soalnya dulu pernah jadi pemimpin Upacara waktu SMA dan satu sekolah aku bikin ketawa haha... wah memalukan udah kaya OVj tuh upacara........

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.