TAWURAN = SOLIDARITAS ?? | MIXED FRESH INFO

TAWURAN = SOLIDARITAS ??

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 13 Mei 2010, under , | 11 komentar
Tawuran? Siapa sih yang tidak mengenal kata yang satu ini. Beberapa kota besar hampir pernah terjadi tawuran baik itu antar pelajar, antar mahasiswa maupun antar warga. Aku merasa prihatin bahwa sekarang tawuran justru lebih banyak dilakukan oleh kaum pelajar atau mahasiswa. Bagaimana tidak, pelajar dan mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa justru sering terlibat tawuran seperti tawuran pelajar yang terjadi tadi siang di Jakarta dan tawuran mahasiswa di Makassar beberapa waktu yang lalu. Tawuran biasanya dipicu masalah sepele seperti pengeroyokan salah satu siswa atau mahasiswa yang beda sekolah atau universitas atau fakultas yang kebetulan melintasi kerumunan pelajar atau mahasiswa lainnya, saling mengejek antar pelajar atau mahasiswa sehingga memancing keributan yang melibatkan dua atau lebih sekolah. Padahal mereka yang melintas itu sebenarnya melewati fasilitas umum yang dibangun oleh negara yang dananya berasal dari uang masyarakat yakni dari uang pajak yang dibayar sendiri oleh masyarakat dalam hal ini orang tua pelajar atau mahasiswa itu sendiri. Jadi fasilitas umum seperti jalan raya merupakan milik semua warga masyarakat bukannya milik sekolah atau kampus tertentu. Tapi kenapa justru mereka diserang ketika melintas? Apakah mereka yang melintas di depan sekolah atau kampus harus diserang?
Masalah-masalah sepele tersebut seharusnya bisa diselesaikan dengan cara damai bukannya dengan adu kekuatan fisik. Alasan yang biasanya dikemukakan oleh oknum-oknum yang terlibat tawuran itu sebenarnya klise yakni adanya solidaritas antar teman atau kesetiakawanan. Aku merasa arti solidaritas teman atau setia kawan itu sudah disalahartikan. Solidaritas teman itu hendaknya tidak diwujudkan dengan saling balas menyerang siswa atau mahasiswa lain karena kita hidup di negara hukum jadi biarkanlah hukum itu yang berbicara. Banyak korban yang telah jatuh jika tawuran itu berlangsung baik korban fisik maupun materi. Apakah kita tidak merasa malu jika generasi penerus bangsa kita dikenal sebagai kaum intelektual yang cinta kekerasan?? Padahal kaum intelektual selalu mengutamakan pendekatan ilmiah dan cara damai untuk menyelesaikan masalah? Bagaimana nasib bangsa kita jika generasi penerusnya selalu mengutamakan kekerasan dalam setiap penyelesaian masalah yang terjadi?
Jadi marilah kita selalu mengutamakan cara yang damai untuk menyelesaikan semua masalah yang ada dan tumbuhkan sikap saling hormat-menghormati antar sesama sehingga kedamaian di dunia bakal tercapai karena kedamaian itu terasa indah.
"Peace Forever......."

One Response to "TAWURAN = SOLIDARITAS ??"

  1. Ferdinand Says:

    hahaha........Itu visi yg pernah gw tau pas SMP Sob.....dan kayanya emank bener tuh.....waktu dulu SMP pas lagi bandel2nya hampir tiap minggu aku mimpin tempur haha...maklum satu sekolah murid2'y lumayan hormat sm aku kecuali Pak kepala Sekolah N guru haha....jadi tiap perang pasti aku yg maju duluan....Alhamdullilah sih ga pernah ada yg sampe tewas...Wah nglantur nie....tolong yg masih sekolah jgn ikutin aku dulu ya hha soalnya kmn2 jadi ga aman banyak musuh haha....untung skarang udh ga sekolah haha......

    ikutin aja kata2 Sobatku yg ini....damai itu indah jadi jangan Coba2 Tawuran Ok....udh ga jaman masa mau ikutan jadul kaya aku haha....

  1. 4FILESOFT Says:

    baca postingan ini...
    ingat waktu sekolah dulu...HE

    DAMAI ITU INDAH

    PEACE FOREVER...

  1. adhitya fazri Says:

    damai lebih baek....
    saling menghargai dan menghormati

  1. hoedz Says:

    hahaha ..
    dulu kalo temen di kalah²in .. kita semua 1 genk gak terima ...

    hehehe .. jadi malu .. :P

  1. kristiyana shinta Says:

    hhaaa,, tawuran mulai dari smp sma,, sekolah ku tukang tawuran,, wekekeke

  1. Mbak Semi Says:

    tawur mulu...babak bunyak sampe berdarah-darah...beraninya keroyokan...padahal kalau sendirian jiper tuh wahahahaha

  1. TriZ Says:

    Tawuran meyeramkan, pelajar tugasnya belajar.. peace lah...

  1. odonk's Says:

    huft...
    menyedihkan...
    untuk di daerah ane aman n tenram gda yang namanya tawuran..
    tp gangster buanyak..wkawkawkawka..

  1. Indra Gumilar Says:

    jaman ane SMP tawuran tuh udh jd identitas bgt buat nunjukin ke-eksisan n kehebatan sekelompok org tertentu, tapi skrg syukur udah jarang2....damai itu indah...

  1. Kang Marno Says:

    Iya nih , anak anak sekolah pada tawuan mulu apa yg diributin ya . saya juga ngeri ngelihatnya.

  1. cellular Says:

    dari dulu selalu yang tertulis "damai itu indah" kapan ya tertulis-nya hanya "indah" he...he...
    semoga saja kata2 itu cepat terlaksana.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.