RENCANA PERDAMAIAN PT KERTAS NUSANTARA | MIXED FRESH INFO

RENCANA PERDAMAIAN PT KERTAS NUSANTARA

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 19 Juli 2011, under , , , | 0 komentar
Perusahaan pengolahan kertas milik Prabowo Subianto, PT Kertas Nusantara, menggelar pertemuan rencana perdamaian dengan 120 pemberi utang atau kreditor. Pertemuan ini merupakan bagian dari permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) yang diajukan perusahaan. Hal ini terkait karena keputusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu. Dalam proposal rencana perdamaian disebutkan, bahwa rencana perdamaian tersebut memiliki tiga tujuan yaitu :
  • Agar perseroan dapat memulai kembali kegiatan operasional dan produksi bubur kertas atau pulp.
  • Memberikan pembayaran yang wajar bagi para kreditor separatis dan konkuren. Kreditor konkuren adalah kreditor yang tidak dijamin dengan aset perseroan. Sementara itu, kreditor separatis adalah kreditor yang dijamin dengan aset perseroan.
  • Perdamaian secara realistis dapat dilaksanakan dan diselesaikan perseroan.
Pokok-pokok pengajuan rencana perdamaian yang diajukan Kertas Nusantara untuk tagihan separatis adalah pelunasan 100 persen nilai pokok utang selama 15 tahun. Cicilan tahunan sebesar US$5 juta dimulai September 2013 dan secara bertahap naik menjadi US$25 juta pada 2017, selanjutnya untuk periode 2017-2025 sebesar US$25 juta per tahun. Sedangkan sisa utang US$115 juta akan dilunasi menggunakan pinjaman baru pada 2026.

Sementara itu, untuk tagihan konkuren, pelunasan 100 persen nilai pokok utang selama 20 tahun. Cicilan tahunan sebesar US$1 juta pada September 2013, US$2 juta pada 2014, dan US$4 juta per tahun untuk periode 2015-2031. Selanjutnya, sisa utang US$383 juta akan dilunasi dengan pinjaman baru pada 2031.

PT Kertas Nusantara juga membeberkan proyeksi manajemen selama masa penyelesaian utang. Pada tahap awal, manajemen akan bekerja sama maklon agar dapat segera memulai kembali operasional, tanpa harus mencari modal kerja sendiri. Perseroan diperkirakan melakukan maklon hingga 2015. Kegiatan produksi ditargetkan mulai pada September 2011. Produksi akan mencapai 300 ribu ton pulp kering per tahun.

Pertemuan rencananya akan dilanjutkan pada tanggal 21 Juli 2011 dengan agenda pemungutan suara atau voting atas rencana usulan penundaan pembayaran utang. Proposal bisa dilaksanakan bila disetujui sedikitnya 67 persen dari seluruh nilai utang separatis maupun konkuren.

One Response to "RENCANA PERDAMAIAN PT KERTAS NUSANTARA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.