JAKARTA BANJIR LAGI..... | MIXED FRESH INFO

JAKARTA BANJIR LAGI.....

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 26 Oktober 2010, under , | 5 komentar
Tayangan berita di semua stasiun televisi swasta menayangkan banjir di jakarta yang semakin parah tiap harinya. Anehnya pemerintah daerah menyatakan bahwa hal itu merupakan kesalahan masyarakat yang suka membuang sampah di sungai atau aliran air sehingga jika hujan lebat turun selama beberapa jam jadinya banjir dimana-mana. Pemerintah daerah juga menyebutkan bahwa itu bukanlah banjir tapi merupakan genangan air. Padahal gubernur yang dipilih oleh rakyat beberapa waktu lalu pernah berjanji bahwa Jakarta tidak akan banjir lagi. Namun itu semua tinggallah janji kosong karena kenyataannya jakarta justru menjadi genangan air terluas. Jakarta yang merupakan ibukota suatu negara mendapatkan kasus banjir semacam ini hampir tiap tahunnya, apakah pemerintah daerah setempat tidak berusaha mencari jalan keluarnya bukannya mencari siapa yang akan menjadi kambing hitam atas kejadian ini?

Jika pemerintah daerah terus lari dari permasalahan, bukan tidak mungkin rakyat akan menjadi antipati terhadap semua kebijakan pemerintah. Seperti yang aku nonton tadi pagi dimana ditayangkan ketika terjadi banjir di ruas jalan tol, aparat kepolisian lalu lintas dan operator jalan tol tidak berada di lokasi. Mereka seharusnya memberikan informasi kepada warga yang akan melintas bahwa jalan tol tergenang air sehingga mengakibatkan macet total bukannya sembunyi. Ujung-ujungnya warga pun yang menjadi korban dan akhirnya warga tidak melampiaskan kekesalannya melalui media jejaring sosial facebook dan twitter. Dalam situs jejaring sosial twitter ini beberapa warga menuliskan beberapa kekesalannya seperti yang dikutip dari kompas, diantaranya :"Ada yang tau Foke lagi ngapain? Kok nggak ada laporan?", "Kota ini telah dirusak ahlinya" dan sebagainya. Segala kekesalan warga Jakarta ini ada baiknya segera ditanggapi oleh pemerintah daerah misal dengan cara melakukan pengerukan semua sungai di Jakarta yang bernama Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP). Tapi sayangnya proyek pengerukan ini masih menunggu peraturan presiden sebagai dasar hukumnya. Semoga saja dasar hukum proyek ini cepat ditanggapi dan dana yang ada untuk proyek tersebut tidak dikorupsi buat kepentingan pribadi.

One Response to "JAKARTA BANJIR LAGI....."

  1. saidiblogger Says:

    ini salah satu bentuk kegagalan pemerintah dalam merevisi kota. kita bayar pajak! tapi dampaknya kurang.. tapi jangan hanya menyalahkan saja. kita juga harus turut berperan aktif...

  1. ReBorn Says:

    ironis, foke lagi sibuk jadi presiden pemda asia pasifik. giliran efek yang jelas merugikan begini ga ada mahasiswa yang mau ngedemo foke. heran.

  1. Halaman Samping-nya Inung Gunarba Says:

    Bang Kumis a.k.a Foke langsung nengok proyek drainase Thamrin :) tapi tampangnya masih sama, jaga jarak dan ngeles mulu qe3

    Btw, postingan di 'pecah' jadi beberapa alinea dong Bro. Dijamin deh, bikin makin nyaman mbacanya. Gampangnya, satu alinea 2-4 baris :) Just info antar sahabat nih qe3

  1. Gaphe Says:

    Jangan nyari kambing itam laah.... kambing makan nasi aja banyak koq..

    ya namanya juga sudah biasa.. kan ada peribahasa yang bilang alah bisa karena biasa.. bisa koq warga Jakarta ngadepinnya.. hehehe

  1. Vicky Laurentina Says:

    Memang betul lho, banjir ini terjadi karena drainase kota tidak sanggup menahan aliran air sungai yang meluap. Pada dasarnya memang kebiasaan penduduk yang membuang sampah ke sungai, bikin sungai jadi mampet dan sulit mengalir dengan baik. Sekarang bagaimana Foke mau memimpin manajemen supaya rakyat mau tertib tidak buang sampah ke sungai, juga menertibkan izin bangunan supaya ruang-ruang hijau untuk menanam pohon tidak melulu dilapisi semen sehingga air bisa diserap ke tanah.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.