INI SALAH SIAPA? | MIXED FRESH INFO

INI SALAH SIAPA?

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 06 Oktober 2010, under , | 5 komentar
Transportasi umum yang nyaman, murah sangat dinantikan kehadirannya oleh semua pihak. Apalagi masyarakat kota-kota besar yang sangat bosan dengan kemacetan yang terjadi hampir tiap harinya. Misal pemerintah daerah Jakarta beberapa tahun lalu menyediakan jalur khusus untuk bus transjakarta atau busway agar kemacetan di ibukota bisa berkurang tetapi kenyataan yang terjadi malahan sebaliknya. Jalur yang khusus untuk dilalui oleh bus transjakarta dilalui oleh kendaraan pribadi untuk menghindari kemacetan yang akhirnya menyebabkan kemacetan semakin bertambah parah.

Hal ini diperparahnya semakin sering berita tentang kecelakaan sarana transportasi kita dengar beritanya di televisi atau media cetak mulai dari kecelakaan bus, tenggelamnya kapal atau perahu, kecelakaan pesawat terbang dan kecelakaan kereta api. Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu dimana terjadi kecelakaan tabrakan antara kereta api Argo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya dengan Kereta Api Senja Utama jurusan Jakarta-Semarang yang menewaskan belasan orang dan melukai puluhan orang lainnya. Apa ada yang salah dengan sarana transportasi umum di negara kita sehingga kecelakaan sering kali terjadi? Siapa orang yang harus bertanggung jawab jika kecelakaan itu terjadi? Apakah pengemudi, nakhkoda, pilot, masinis yang harus bertanggung jawab? Sepertinya itu perlu menjadi perhatian semua pihak, jangan sampai orang-orang kecil yang selalu menjadi kambing hitam dari sebuah kecelakaan sedangkan para atasannya hanya mendapat sanksi mutasi atau penundaan kenaikan pangkat. Tadi pagi aku melihat tayangan kehidupan seorang masinis sungguh sederhana dimana untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya agar anaknya bisa sekolah ia rela menjadi seorang tukang jamu, tukang listrik atau bahkan tukang pijat agar mendapat uang tambahan. Alangkah baiknya gaji yang diberikan untuk masinis, nakhkoda atau pilot disesuaikan dengan tanggung jawab yang akan dipikulnya.

One Response to "INI SALAH SIAPA?"

  1. blogger admin Says:

    Ya benar, semua harus di sesuaikan tangung jawab pekerjaan. Semoga pemerintah memperhatikannya.

  1. Winny Widyawati Says:

    Turut berduka dengan terjadinya musibah kembali di perkereta paian di Indonesia, serta musibah2 transportasi lainnya, semoga dpt segera teratasi

  1. ReBorn Says:

    yang namanya kecelakaan pak, pastinya ga ada yang mau terjadi. yang penting pemerintah harus tanggap buat mencegah kecelakaan tidak terjadi lagi. isu yang saya dengar adalah faktor kelelahan dari masinis karena bekerja yang terlalu lama. kalo bener kayak gini ya berarti salah sistem.

  1. AkuInginPulangDiKalaSenja Says:

    Mungkin ga usah mencari siapa yang salah. Yang penting bagaimana untuk memperbaiki kinerja ke depannya. Tak hanya satu pihak, melainkan banyak pihak yang harus memperbaiki. Semoga ga terulang lagi..

  1. Kopi Susu Pahit Says:

    selalu saja pihak yang tidak berdaya yang dipersalahkan bila ada kejadian seperti kecelakaan kereta api kemarin ... .

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.