VIRUS STUXNET | MIXED FRESH INFO

VIRUS STUXNET

Bagi sebagian orang virus itu sangat ditakuti. Ini bisa dimaklumi karena virus merupakan salah satu penyebab penyakit selain bakteri atau kuman. Jika tubuh dalam keadaan tidak fit dan telah terserang virus maka bisa dipastikan kita akan sakit. Begitu juga dengan apa yang terjadi jika komputer atau laptop kita terkena virus bisa membuat kerja perangkat komputer kita menjadi lambat. Setelah beberapa waktu lalu sempat heboh berita tentang virus pembobol password facebook yang bisa mencuri data pribadi seseorang kini dunia juga dihebohkan oleh adanya virus Stuxnet.

Dimana Indonesia merupakan negara tertinggi kedua yang di dunia yang terinfeksi Stuxnet, malware (malicious software) alias program jahat jenis worm yang tengah merajalela di dunia saat ini dengan korban sebanyak 34.138 komputer dibawah India yang mengalami serangan terbesar sebanyak 86.258 unit komputer. Stuxnet, sebuah worm komputer Windows spesifik pertama kali ditemukan pada bulan Juni 2010 oleh sebuah perusahaan keamanan yang berasal dari Belarus yakni Virusblokada. Worm ini menjadi terkenal karena merupakan worm pertama yang memata-matai dan memprogram ulang sistem industri. Belakangan ini, serangan worm Stuxnet telah menimbulkan banyak spekulasi dan diskusi mengenai maksud dan tujuan, asal, dan – yang terpenting - identitas dari penyerang dan targetnya. Tujuan utama worm ini adalah untuk mengakses Simatic WinCC SCADA, yang digunakan sebagai sistem pengendali industri dan bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan industri, infrastruktur, atau proses-proses berbasis fasilitas. Sistem serupa digunakan secara luas pada pengilangan minyak, pembangkit tenaga listrik, sistem komunikasi yang besar, bandar udara, perkapalan, dan bahkan instalasi militer secara global. Oleh karena itu, Stuxnet bisa dikatakan sebagai bentuk senjata cyber yang menjadi sarana terorisme di dunia maya dimana serangannya tidak hanya mencuri informasi di komputer korban, namun mengambil alih sistem kontrol berbasis mesin. Semoga saja virus ini bisa cepat ditemukan antivirusnya agar tidak meresahkan lagi.

One Response to "VIRUS STUXNET"

  1. Djangan Pakies Says:

    ngeri ya Sob kalo mengambil alih sistem kontrol, bisa berbahaya kalo yang terkena adalah sistem perbankan atau sistem pertahanan suatu negara

  1. ReBorn Says:

    wah, beneran stuxnet ada hubungannya sama terorisme. atau hanya ilusi ketakutan dunia aja? apa virus ini juga bisa dikendalikan jarak jauh? serem juga.

  1. arie... Says:

    kalo di pc biasa, sperti bwt shortcut sendiri ya...?

  1. Gaphe Says:

    Waduh, gawat nih.. saya nggak pernah update antivirus padahal...

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.