TELINGAKU MENDENGUNG | MIXED FRESH INFO

TELINGAKU MENDENGUNG

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 21 Juli 2010, under , | 6 komentar
Telinga merupakan salah satu dari panca indera yang dimiliki oleh manusia. Dari telinga kita bisa mendengar suara yang merdu yang berasal dari kicauan burung, lirik lagu ataupun suara bising dari klakson kendaraan bermotor. Tapi pernahkah teman merasa telinganya seperti tuli, mendengung atau gatal karena kemasukan benda asing? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pendengaran antara lain penumpukan kotoran telinga yang tidak dibersihkan sehingga mengeras dan menyumbat telinga. Penumpukan kotoran dalam telinga ini berasal dari debu dan pertilek lain yang melekat pada liang telinga luar. Hati-hati jika ingin dibersihkan karena jika dilakukan secara sembarangan teman-teman akan mengalami gangguan pendengaran apalagi benda asing tersebut sampai terdorong ke arah gendang telinga maka gendang telinga (membrana timpani) dapat robek atau berlubang, sehingga telinga tengah dan dalam bisa menjadi rusak. Memang jika telinga kita kemasukan benda asing pasti secara refleks tangan akan langsung mengambil cotton bud untuk membersihkannya.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan kotoran telinga yang sudah menumpuk (kompas) :
  1. Teteskan baby oil atau minyak sayur atau gliserin ke dalam telinga dua kali sehari.
  2. Sambil menundukkan kepala, tarik daun telinga ke atas dan belakang untuk meluruskan liang telinga dan tangan yang lain semprotkan air perlahan-lahan ke dalam liang telinga.
  3. Setelah itu, putarlah kepala supaya air terbuang keluar.
  4. Keringkan liang telinga dengan handuk atau pengering rambut.
  5. Keringkan liang telinga dengan meneteskan alkohol sebanyak satu pipet obat mata ke dalam liang telinga. Maksudnya agar air terserap dan bakteri serta jamur mati. Lalu miringkan kepala ke sisi telinga yang diberi alkohol, biarkan alkohol mengalir ke luar.

One Response to "TELINGAKU MENDENGUNG"

  1. om rame Says:

    saudara saya ada yang pernah mengaLami haL di atas, gendang teLinganya pecah tapi karena sering berenang dan kemasukan air. seteLah berobat rutin dan dengan biaya yang reLatif tinggi, saat ini sudah sembuh kembaLi.
    Lebih baik mencegah dari pada mengobati.
    terima kasih atas sharenya, bermanfaat sebagai media pengingat akan pentingnya kehati-hatian dan sebagai soLusi biLa terjadi haL yang tidak di inginkan pada bisang tersebut.

  1. Pakies SM Says:

    ane termasuk memiliki ekskresi berlebih sehingga setiap 3 bulan harus ke dokter untuk menyemprot telinga, biasanya ditandai mudah bersin dan pilek. so dengan cara seperti itu pendengaran lebih nyaman.
    Kang, Tipsnya menarik untuk dipraktekan

  1. penghuni60 Says:

    Kyknya agak serem jg deh, abis pake disemprot air sgala sih... hiii geli kali..
    inget wkt kemasukan air pas mandi aja trasa panas gitu.
    tp thnks atas tipsnya y.

    BTW, aku ambil award yg pakies y,unik sih...
    mksh sob..

  1. Zan Insurgent Says:

    Info yang sangnat berguna sobat,karena ane sering bermasalah dengan kotoran teling yang keras.

  1. Halaman Samping-nya Inung Gunarba Says:

    Betul juragan, coba dulu pengobatan sendiri, semoga mereda. kalau belum pulih, segera ke dokter, kira-kira tarif dokter THT rp 50 ribu. Aku juga pernah kena dan nggak bisa tidur qe3

    Mari dolan ke postingan mutakhir qe3

  1. Ferdinand Says:

    klo lebih praktisnya lagi....langsung nyebur ke kolam aja Sob.... kan pas nafas kotoran keluar semua tuh haha.....

    mantabz info'y....

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.