SATPOL PAMONG PRAJA DAN SENJATA API ?? | MIXED FRESH INFO

SATPOL PAMONG PRAJA DAN SENJATA API ??

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 07 Juli 2010, under , | 28 komentar
Makin hari makin banyak pula kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti kebijakan konversi minyak tanah ke gas, kebijakan untuk menaikkan tarif dasar listrik dan sebagainya. Beberapa diantaranya selalu menimbulkan sikap pro dan kontra di lapisan masyarakat bawah. Seperti listrik gratis untuk masyarakat golongan menengah ke bawah tapi itu berita tersebut hilang bagaikan ditelan bumi. Namun kini pemerintah kini membuat kebijakan yang memperbolehkan aparat keamanan daerah (Satuan Polisi Pamong Praja) untuk membawa senjata api. Seperti yang tercantum dalam peraturan yang melegalkan Satpol PP menggunakan senjata api atau senpi melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2010 tentang Penggunaan Senjata Api bagi Satpol PP. Dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tersebut disebutkan petugas yang diperbolehkan menggunakan senpi, yakni kepala satuan, kepala bidang, kepala seksi, komandan peleton, dan komandan regu. Bahkan anggota di lapangan diperbolehkan menggunakan, tetapi dibatasi hanya sepertiga dari seluruh anggota satuan. Padahal penggunaan senjata api sendiri diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor Pol 13/X/ 2006 dan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 terkait dengan senpi dan bahan peledak (kompas.com)

Nah bagaimana jika satuan polisi pamong praja diberikan kekuasaan untuk memegang senjata api walaupun hanya menggunakan peluru hampa, semprotan gas, maupun alat kejut listrik? Apakah ini bisa berbahaya bagi masyarakat umum jika dilakukan penertiban dan satpol pamong praja bisa bertindak seenaknya sendiri tanpa memperhatikan orang lain. Padahal dalam setiap pelaksanaan aksi penertiban yang mengatasnamakan peraturan daerah satuan polisi pamong praja kerap bentrok dengan masyarakat, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Koja, Jakarta Utara. Menurutku belum saatnya polisi pamong praja untuk menggunakan senjata api dalam melakukan tugasnya. Alangkah baiknya dalam melaksanakan tugasnya satuan polisi pamong praja lebih menggunakan cara yang persuasif dan edukatif daripada kekerasan. Biarkanlah hanya aparat keamanan dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia yang berhak menggunakan senjata api agar tidak terjadi masalah di kemudian hari akibat penggunaan peraturan Menteri Dalam Negeri ini.

One Response to "SATPOL PAMONG PRAJA DAN SENJATA API ??"

  1. Ozzys Blog™ Says:

    ah makin ga jelas ajah nih, pasti ada "mau" nya tuh, betul ga? inget kasus priok kan.....alah alah dah pasti ini, harusnya Pol PP itu unjuk kedisiplinan, kearifan, dan loyalitas terhadap rakyat, biar kalau nertibin rakyat itu dianut, bukan malah pake cara intimidasi sperti ini ( membawa senjata )

  1. FAISAL HILMI Says:

    pamong praja memang nakutin, sebetulnya ngelindungin masyarakat apa uang sih!

  1. Sientrue Says:

    walah walah...hebat yeah sekarang. Pol pp dah pegang senjata. Bakalan rame tuh kalau nertibin. Jadi bisa seenaknya nodongin sejata pada pala orang. Mang bener2 edan nich jaman.

  1. munir ardi Says:

    semoga nggak gagah-gagahan polisi aja ada yang sengaja nembak orang

  1. BBL Says:

    kita lihat saja perkembangannya sahabat

  1. WONG SIKAMPUH Says:

    Bener sob,aku juga gak setuju satpol PP diberi sejata api...Ntar malah semena mena

  1. om rame Says:

    itu mentrinya Lagi ngantuk kaLeee, ah aya-aya wae. mungkin Lebih tetap Lagi kaLau peraturan yang menegaskan bahwa anggota Satpol PP harus memiLiki standarisasi tersendiri, bukan dipersenjatai.
    TNI dan Polri saja yang sudah memiLiki sertifikasi khusus, baik dari muLai recruitmen sampai pada urusan dinasnya masih banyak yang menyaLahgunakan fasiLitas tersebut. Lha apaLagi kaLo Satpol PP yang difasiLitasi, bisa-bisa untuk digunakan ngerampok atau menakut-nakuti rakyat keciL.
    Lebih ideaLnya Satpol PP di BUBARKAN!!!.

  1. odah etam Says:

    mungkin perlu pembenahan yg serius di tubuh satpol pp
    di kembalikan pada fungsi awalnya utk melindungi dan mengayomi serta menjaga ketertiban masyarakat...
    tetap semangat kawan...sukses slalu

  1. om rame Says:

    terima kasih sob atas kiriman scripnya, sebentar saya uji coba duLu. sekaLi Lagi terima kasih, saya sudah banyak merepotkan sobat.

  1. iphud Says:

    wah kalo satpol PP beritanya mw di kasih pistol wew ntar berontak, mampir mas bro Paimen ngenet gratis

  1. tomo Says:

    Jika aku melihat ada obrakan di pinggir jalan, aku merasa kasian pada para penjual kaki lima yg di obrak abrik dagangannya tanpa ampun.

    Jangan dunk gan.jangan diberi senpi satpol ini.menakutkan sekali

  1. odonk's Says:

    wah ga bisa coment deh...
    yg pnting ane dtng kmbli buat blog wkwkwkwkwk...

  1. iplock Says:

    gw setujunya satpol PP di bubarina ja deh,soalnya tiap kali harus kekerasan mulu!!!

  1. Run-D BLoG Says:

    klo aQ seh,ga setuju satpol PP bersenjata api

  1. muzzy musthofa Says:

    aduh ampun deh klo diksh senjata api... meskipun katanya itu hanya untuk komandannya... mending dibubarin aja deh satpol pp, sedangkan anggotanya di taruh aja di kementrian dalam negeri biar mereka gak nganggur

  1. campur bawur Says:

    wahh...pke pentungan aja uda ngrepotin..apa lagi pke senjata...parahhh

  1. etam grecek Says:

    pake pentungan aja lagaknya selangit...
    eh mlh di kasih senjata ntar mlh tembus langit ke 7 tuh gayanya...

  1. Indahnya Kebersamaan Says:

    Tak ketinggalan ane disini, wah kalo satpol PP pakai senjata gimana ya kalo terjadi keributan,. PAsti unjung-ujungny asal pukul heheh

  1. om rame Says:

    meLihat beberapa kejadian kemarin yang daLam menjaLankan tugasnya SatpoL PP meLakukan aksi pentung-pentungan dengan warga masyarakat, kaLau sudah begini bisa-bisa terjadi aksi pembantaian terhadap warga masyarakat nih.

  1. Pak Liek Says:

    yang diperlukan satepol pp sekarang ini bukan senjata apalagi senjata api ... tapi pendidikan mereka tentang sosiologi masyarakat ....

  1. rizal Says:

    sepengethuan saya Kehadiran Satpol PP adalah dikarenakan adanya UUD tentang Pemerintah daerah yang mengatur tentang otonomi daerah, satpol PP adalah untuk mengawal perda yang dibuatkan oleh daerah agar berjalan dengan baik.

    meneurut saya kalau dkasi senjata api belum saatnya kan sudah ada polisi, jika memang dalam proses pengawalan perda tersebut ada tindakan anarkis dari masyarakat serahkan saya pada polisi.

    iu menurut saya...

  1. rizal Says:

    ralat maksudnya UU bukan UUD (maaf salah ketik)

  1. Puguh Prasetyo Says:

    hmmm... cukup pentungan aja kali yah... kan mereka sering bentrok ama warga khawatir banyak korban ntar,,,

  1. BOOK ONLINE Says:

    wuih ngeri nanti sob jadinya...polisi yg udah paten aja masih ada yg menyalah gunakannya...dikaji ulang aja tuh ma pemerintah...

  1. pakies Says:

    bukankah pentungan yang dipakai itu dibeli dari uang rakyat, mengapa pentungan itu justru digunakan mentungi rakyat

  1. Paksi Dirgantara Says:

    Preman koq dikasih senjata.......

  1. Bang rachmat Says:

    sekarang ini mereka cuma megang pentungan aja sudah semena-mena, gimana kalau jadi diberi senjata api, bisa tambah belagu tuh satpol pp.

  1. Lyrics Says:

    wah pasti makin bnyk yg pengen jd satpol pp... biar bs megang pistol...wuh serem...

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.