RADIO DETECTION AND RANGING | MIXED FRESH INFO

RADIO DETECTION AND RANGING

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 06 Juli 2010, under , , | 15 komentar
Seiring semakin berkembangnya Indonesia dan wilayah udara yang luas, Korps Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memasang sistem radar di Indonesia Bagian Timur tepatnya di wilayah Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Radar ini dipasang untuk mendeteksi keberadaan pesawat asing yang ingin memasuki wilayah kedaulatan Indonesia. Radar (Radio Detection and Ranging) adalah suatu alat yang sistemnya memancarkan gelombang elektromagnetik berupa gelombang radio dan gelombang mikro. Pantulan dari gelombang yang dipancarkan tadi digunakan untuk mendeteksi obyek. Radar menggunakan spektrum gelombang elektromagnetik pada rentang frekuensi 300 MHz hingga 30 GHz atau panjang gelombang 1 cm hingga 1 meter.

Pada umumnya radar dibedakan menjadi 2 jenis yakni radar militer dan radar sipil. Perbedaan yang mencolok pada kedua jenis radar ini terletak pada kemampuan teknis dan tujuan penggunaannya. Radar sipil digunakan hanya untuk keselamatan terbang sedangkan radar militer tentu saja digunakan untuk kepentingan militer demi menjaga keselamatan negara. Alasan penempatan radar di pulau Sumba ini memiliki beberapa alasan diantaranya Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi Kepulauan yang letaknya berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, Australia, Malaysia dan Papua Nugini sehingga membutuhkan pengamanan yang maksimal. Sebenarnya ada beberapa radar yang dipasang di wilayah Indonesia timur seperti Desa Buraen (Nusa Tenggara Timur), Saumlaki (Maluku Utara) dan Merauke, Timika, Biak (Papua) namun karena wilayah udara yang sangat luas maka keberadaannya dirasa belum bisa berfungsi maksimal.

One Response to "RADIO DETECTION AND RANGING"

  1. o0z Says:

    ♫ Salam Blogger ♫
    Radar sebagai alat pendeteksi begitu lah cara kerjanya, akan tetapi setelah terdeteksi adakah keberanian kita untuk bertindak jika terjadi pelanggaran batas wilayah? hiks
    ♫ Salam Hangat ♫

  1. om rame Says:

    iya, dengan menggunakan sateLit tentunya jangkauan jadi semakin Luas untuk monitoring dan tanpa batas.

    kata siapa provider tree enggak ada yang unLimited Lagi?, baru dengar nih.
    puLsa modem saya kemarin dipotong masih normaL-normaL aja tuh.
    kaLo memang issue itu benar terjadi, saya yakin konsumen tree akan berbondong-bondong mutasi ke provider Lain, apa mungkin management tree akan meLakukan bLunder itu?

  1. Masda Says:

    ngajakin perang tuh pesawat.... hehe, btw met istirahat mas....

  1. om rame Says:

    baLik Lagi untuk menyampaikan aLamat emaiL saya:
    ramli.jakut@gmail.com
    terima kasih yah sob, saya sudah banyak merepotkan. harap makLum aja deh.

  1. four dreams Says:

    radar militer, radar sipil, kalau radar politik ada gag sob ? hehe oya link km aku udah pajang diblog ku, silahkan dicek yaaa

  1. ariefborneo Says:

    pagi frend...kurang kerjaan tu radar nangkring d wilayah timor

  1. etam grecek Says:

    oke sob thanks infonya....klo di mainan anak robot''an juga ada radarnya tuh
    msuk jenis radar apa ya...

  1. tomo Says:

    Radar sipil juga ada trnyata gan.
    Thanks.
    Moga aja makin memberikan manfaat yang besar bt masyarakat

  1. Ferdinand Says:

    Wah klo gtu bagus ya Sob...jadi klo ada kapal asing yang misalnya mau menjala ikan milik perairan kita dapat dengan mudah diketahui hhe......N yg terpenting bisa nyelidikin kapal yg kaya punya Malaysia yg selalu patroli buat ngincer pulau indonesia untuk dihak'in.....

    Salut deh buat yg punya IDe itu....

    Met aktivitas N Happy blogging Sob.. :)
    Semangat!!!

  1. Herdoni Wahyono Says:

    Wilayah Indonesia yang amat luas tentu membutuhkan sarana pengamanan, termasuk Radar, dalam jumlah yang cukup besar dan biaya yang tidak sedikit. Kondisi keuangan negara yang belum bagus, menyebabkan banyak peralatan militer kita yang ketinggalan jaman. Modelnya sudah kuno dan kurang memadai lagi. Semoga dengan semakin membaiknya ekonomi Indonesia, maka TNI dapat diperlengkapi dengan peralatan tempur dan pertahanan yang modern dan memadai untuk menjaga wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

  1. muzzy musthofa Says:

    seharusnya itu dah dari dulu dipasang karena itu sangat penting... alutsista negara kita juga harus terus diperbaiki dari tahun ke tahun.

  1. anggasona Says:

    nah ini dia alat yg perlu dipake sm indonesia biar ga ilang pulau2 yg berada persis bersebelahan sm negara lain, smkin baik alat pengamanan negara kt pun smkin aman :) nice info sob ...

  1. odah etam Says:

    klo di bontang sdh ada radarnya bro...tuk menjaga dua pabrik raksasa..
    sukses slalu kawan

  1. Bang rachmat Says:

    kalau sudah dipasang radar kaya begini lalu ada pesawat asing masuk wilayah udara INDONESIA, kira-kira berani menindaknya ga' ya?

  1. oempak Says:

    canggih nih, tinggal brani aja nindak yg lewat seenaknya :D

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.