WACANA LISTRIK GRATIS | MIXED FRESH INFO

WACANA LISTRIK GRATIS

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 14 Juni 2010, under , , | 30 komentar
Listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan sehari-hari semua elemen masyarakat. Tanpa listrik kehidupan sehari-hari tentu saja akan mengalami kendala seperti tidak bisa bekerja karena peralatan kantor mati, kekacauan di jalan dan sebagainya. Dari berita yang aku dengar di radio Pro 3 RRI , hari ini muncul sebuah wacana baru tentang Listrik Gratis oleh PLN melalui dengar pendapat dengan anggota dewan kemarin.

Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan, mengemukakan bahwa PLN bisa memberikan listrik gratis kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah yang menggunakan daya sebesar 450 watt dengan catatan pelanggan listrik di atas 450 watt harus membayar listrik sebesar Rp 1.200,- per kwh. Hal ini tentu saja bakal menimbulkan pro dan kontra masyarakat, karena golongan menengah ke atas belum tentu setuju mereka yang di bebani membayar listrik dengan biaya tinggi.

Sebelum kita memberikan jawaban yang pro kontra ada baiknya kita melihat alasan yang mendasari PLN mengemukakan listrik gratis bagi kalangan menengah ke bawah tersebut. Hal ini didasari karena masyarakat dengan daya listrik 450 watt berjumlah 20 juta pelanggan. Jika listrik masyarakat ini diberikan gratis maka pemerintah akan bisa menghemat subsidi walaupun PLN akan kehilangan pendapatannya sebesar Rp 1,5 trilun. Biarpun begitu PLN tetap akan mendapatkan keuntungan sebesar 20 triliun dari pembayaran listrik pelanggan listrik lainnya. Lain halnya jika pemerintah menaikkan tarif dasar listrik sebesar 10 % maka pemerintah tetap saja akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk subsidi listrik karena biaya produksi untuk 1 kwhnya saja sekitar Rp 1200,- sedangkan harga jualnya jika dinaikkan 10 % saja sekitar Rp 715,- per kwh.

Mungkin cara yang dikemukakan oleh Dahlan Iskan ini bisa mengatasi masalah listrik di negara kita, karena perusahaan dan kalangan menengah ke atas yang mayoritas pengguna listrik di atas 450 watt akan melakukan penghematan secara otomatis tanpa diberikan imbauan untuk menghemat oleh pemerintah. Dan sasaran pemerintah untuk memberikan subsidi kepada rakyat miskin pun akan tercapai. PLN dan pemerintah perlu juga memberikan pengawasan yang ketat jika usul PLN ini dipenuhi biar tidak terjadi penyalahgunaan listrik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab di kemudian hari. Namun semua ini masih dalam tahap Wacana, jadi ya belum tentu terjadi pula.

One Response to "WACANA LISTRIK GRATIS"

  1. etam grecek Says:

    wah klo yg namanya gratis pasti di terima dgn senang hati....

  1. pakies Says:

    wah orang-orang akan rame-rame masang yang 450 watt. Tapi sekarang mana ada pasang baru 450 watt, minimal 900 w.
    Tapi kalau listrik gratis, itu adalah kemajuan yang sangat luar biasa bagi negara kita.

  1. tomo Says:

    waduh kalau listrik gratis kayaknya ndak mungkin terlaksana gan.
    Lah wong pemerintah aja menggalakkan hemat listrik.
    sulit deh kayaknya jika gratis

  1. tomo Says:

    tapi ya ndak tau juga jika gratisnya hanya beberapa jam atau beberapa hari hehe

  1. tomo Says:

    ya itulah karena banyak perusahaan juga boros energi.
    rakyat yang jadi korbannya

  1. Akmal Fahrurizal Says:

    semoga bukan sekedar mimpi . . :)

  1. catatan kecilku Says:

    Tinggal tunggu bagaimana keputusan yg diambil pemerintah aja deh...
    Kalau bisa diterapkan, pasti akan sangat membantu rakyat miskin.

  1. tomo Says:

    semoga makin ke depan makin murah aja listrik ini.
    kita tunggu gratisannya gan

  1. wong sikampuh Says:

    klo bisa jgn cuma listrik yg gratis,air PDAM jg ikut gratis,dan satu lg bensin jg gratis.Wah bener2 adil dan makmur rakyat indnesia klo gini cara nya

  1. lina@women's perspectives Says:

    Sepertinya sulit terlaksana ya, tapi coba kita lihat saja perkembangannya...

  1. etam grecek Says:

    semoga cepat realisasinya...gebrakan pak dahlan iskan selaku bos baru

  1. orang kampung belajar ngeblog Says:

    listrik gratis uang dari mana ? negara banyak hutang kayak gini ko.. pesimis saya kalo indonesia mampu..

  1. munir ardi Says:

    dibawah 450 watt kayaknya nggak ada lagi di daerah saya

  1. Aguestri Says:

    Listrik gratis = nggak usah pakai listrik :)

  1. ToPu Says:

    Seharusnya yang dinaikkan ituw beban listrik dari para pejabat2 ituw..., Mereka kan gajinya dah banyak..., masih dibantu ma pemerintah lagi...

    Ya ngga'??? Hehehehehe......

  1. Pebisnis Says:

    telkom juga gratis ntar, termasuk speedy lo. hehehe

  1. ppcklik.com Says:

    jika ada sesuatu yang gratis pastinya ada yang di korbanin

  1. oempak Says:

    setuju aja klo ada yg gratisan tp bwt org yg memang memerlukan :)

  1. Karlz Says:

    ga jadi GRATISSS sekarang.. HAHAHA.. banyak kontroversi.. nnt smua malah beralih 450 watt..

  1. akhatam Says:

    ngimpi kalo gratis... hahha.. n'tar kalo gratis, energi listrik pasti akan bertambah pesatt!!! karena mikir bahwa listrik dah gak bayar lagi..

  1. muzzy musthofa Says:

    emang bagus banget tuch Pak Dahlan ISKAN

  1. Abdul Mupit Regalia Says:

    kalo perlu listrik dan internet digratisin, soalnya internet udah jadi kebutuhan juga. :D

    http://metal-arch.blogspot.com

  1. Ferdinand Says:

    kayanya solusi yg bagus tuh Sob...tp aku harap bukan cuma sekedar Wacana yg keluar dari mulut tapi ga ada penerapannya..............Smoga bener2 dilaksanain...

    maaf nie aku baru mampir gy disini......SemangaT!!!

  1. ekodok cell Says:

    wah mantap neh listrik gratis...mau donk gan

  1. Mr. Angga Says:

    duh, pemerintah ni ade2 ajeee eui ! ga ush jaoh2 deh,liat aja knp brbp kota di indonesia ada yg namany pemadaman bergilir ? trus, ada jg kota terpencil nun jauh di tapi memberikan devisa u negara tetap aja ga diperatiin, tp gilir rumah para pejabat ja tetep melek24 jam tuh listrik .. hmmm ! btw. nice post nih sob, kunjungi jg blog saya ya sob, jgn lupa untuk tinggalkan komentar terbaiknya, ty. keep blogging

  1. odonk's Says:

    klo gratis pasti da syarat ketentuan n da yg dirugikan..
    setuju kah brad?wkwkwkwkw...

  1. richoyul Says:

    klo beneran gratis asik soale punyaku 450 heheh

  1. ariefborneo Says:

    Yg ada tarif listrik mau naik 10% gan...mana sering mati lampu eh malh d naikan tarif listrik na

  1. Rizky2009 Says:

    masih bari wacana kan sob, kynya g mungkin kl listrik gratis

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.