MARAH MENYELESAIKAN MASALAH ?? | MIXED FRESH INFO

MARAH MENYELESAIKAN MASALAH ??

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 05 Juni 2010, under , , | 17 komentar
Marah? Sebagian orang pasti pernah marah terhadap teman, saudara, pacar atau pimpinan di kantor. Rasa marah itu disebabkan karena ada sesuatu yang tidak berkenan di hati sehingga menyebabkan hati merasa tidak tenang. Ada kalanya marah itu sebaiknya dikeluarkan secara langsung agar tidak menimbulkan penyakit. Penyakit yang bisa muncul jika rasa amarah tidak dikeluarkan yaitu kecemasan, depresi, kekhawatiran dan insomnia. Tapi jangan pula kemarahan dijadikan suatu kebiasaan. Memang sifat orang berbeda-beda dalam mengatasi amarahnya, ada yang langsung meluapkannya, dan ada juga yang hanya bisa memendamnya tanpa bisa mengeluarkannya.

Para ilmuwan menemukan bahwa meluapkan kemarahan bisa meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang berkaitan dengan rasa bahagia. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari Spanyol diketahui bahwa belahan otak sebelah kiri (hemisfer) lebih terstimulasi saat seseorang sedang marah. Ternyata marah memiliki beberapa manfaat lain diantaranya memicu perubahan dalam tubuh yang berfungsi mengontrol kerja jantung dan hormon, penurunan hormon kortisol dan peningkatan level testosteron.

Walaupun marah memiliki manfaat sebaiknya jangan dilakukan setiap ada masalah karena amarah yang berlebihan dan tidak dikontrol justru akan menjadi bumerang buat diri sendiri. Adapun cara untuk mengatasi amarah itu antara lain :
  • Tenangkan diri jangan biarkan masalah itu yang menguasai diri sendiri. Ada baiknya teman keluar ruangan untuk mencari udara segar karena bisa membawa pikiran menjadi fresh.
  • Cari tahu apa penyebab yang menjadikan amarah itu muncul.
  • Tanamkan pada diri sendiri bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya karena marah tidak bisa menyelesaikan masalah justru menambah masalah yang lain.
  • Carilah tempat pelampiasan emosi yang bersifat positif seperti ikut fitnes jadinya jika amarah itu muncul bisa dilampiaskan di alat-alat fitnes sehingga badan pun bisa lebih segar.
  • Mintalah bantuan teman untuk mengatasi masalah yang muncul.
  • Berusahalah untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain.
Bagaimana cara teman menyelesaikannya jika rasa amarah itu muncul?

One Response to "MARAH MENYELESAIKAN MASALAH ??"

  1. odonk's Says:

    di lupakan dgn cara bermain musik...
    nice bgt tuh...

  1. tomo Says:

    Pemarah akan cepat tua katax orang orang hehe

  1. Gudang Ilmu Says:

    kalau githu manusia butuh meluapkan marahnya yaaa
    tapi denger denger kalau ada tips untuk meluapkan marah adalah dengan memukul bantal sepuasnya sampai ancur........
    atau berteriak yang kencang sekali.
    apakah itu benar atau cuma HOAX???

  1. akhatam
    Says:

    Biasalah manusia.. Melampiaskan masalahnya dengan Marah, padahal sejatinya marah tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Dan kalo marah rsanya masalah malah jadi tambah kacau..

  1. Mahadma Says:

    posting di blog biar marah nya hilang...hehehehe

  1. muzzy musthofa Says:

    lebih baik sabar aja deh.... he3x

  1. oempak Says:

    klo saya lebih sering pake cara no 5, lebih plong :)

  1. Ferdinand Says:

    Wah ada manfaatnya toh Marah hhe....tp ya bener kata sobat ga baik klo terus2an hhe........klo nyelesain marah kayanya mending maafin aja.......

  1. cellular Says:

    betul banget sob.... marah / emosi ga akan bisa menyelesaikan masalah dengan baik (lebih baik mengalah aja), tapi ingat.... sabar ada batasnya.. jadi seharusnya gimana ya??? he..he... bingung juga nich..

  1. etam grecek Says:

    kalo aku dibasuh pake air wudhu klo g pke mandi ato brenang biar cooling down..

  1. syahidacomputer Says:

    Setuju shob ... banyak cara untuk mengatasi amarah seperti yang shobat tulis. TApi yang penting amarah jangan dibiarkan dan dipiara, soalnya jalan masuknya setan... he..he..

  1. lukmanfiles Says:

    ya memang, betul tapi tergantung emosi yang marahnya juga

    kalo yang pemarahnya gampang naek darah yacch seumur hidup pun gak bakal selesai selesai, setidaknya kuasai emosi kamu dulu (yang marah)

    baru bisa menguasai orang lain

  1. lina@women's perspectives Says:

    Tipsnya sangat bermanfaat Sob. Marah tidak menyelesaikan masalah. Harus tenang dulu, supaya bisa berpikir jernih...

  1. Hidup Untuk Memberi | Denaihati Berbagi Acer Aspire One Free Says:

    kalau saya pribadi kalau marah cenderung diem, kalau sudah tenag baru deh masalah di selesaikan

  1. Indra Says:

    untuk menahan amarah n sedikit melupakan masalah biasanya ane dengerin mp3 atau nonton film atau maen band,hehehe...it works!

  1. kokang Says:

    agak susah emang klo mengendalikan amarah
    apalagi klo dasarnya orang itu udah pemarah

    kunjungan perdana nih sob
    salam

  1. Dangsulaeman Says:

    amarah adalah salah satu bentuk kekesalan yang kalo boleh jujur sangat sulit aku kontrol...melalui beberapa postingan teman2, saya tetap berharap ada tulisan yang bisa meredam dan membantu mengurangi kekesalan jiwa ini..
    ada yang bisa membantu ??

    salam kenal,
    Bolehngeblog

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.