REAKTOR NUKLIR JEPANG AKAN BEROPERASI APRIL 2012 | MIXED FRESH INFO

REAKTOR NUKLIR JEPANG AKAN BEROPERASI APRIL 2012

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 07 Februari 2012, under , , | 0 komentar
Pemerintah Jepang dilaporkan akan mengaktifkan kembali dua reaktor nuklir untuk memenuhi kebutuhan listrik warga. Sebelumnya, hampir seluruh reaktor di Jepang dimatikan pasca bencana nuklir akibat gempa dan tsunami tahun lalu. Kabar ini disampaikan oleh surat kabar Yomiuri, pemerintah akan mengaktifkan kembali reaktor nomor tiga dan empat di pembangkit Ohi di prefektur Fukui yang dimiliki oleh Kansai Electric Power Co pada April mendatang.

Di instalasi ini terdapat satu-satunya reaktor nuklir yang masih beroperasi di seluruh Jepang. Rencananya, reaktor 3 dan 4 akan dinyalakan sesaat sebelum reaktor yang aktif dimatikan untuk pemeriksaan berkala. Sebenarnya, penerimaan dari masyarakat sekitar bukanlah syarat yang ditentukan undang-undang. Namun pemerintah ragu untuk mengesampingkan keprihatinan publik. Terlebih lagi setelah tragedi nuklir yang terjadi pada instalasi Fukushima pasca gempa. Sebanyak empat reaktor di instalasi ini bocor, menyebabkan ratusan warga terpaksa mengungsi akibat tingkat radiasi yang tinggi.

Saat ini, pemerintah Jepang telah mengajukan rancangan undang-undang baru pada parlemen soal keamanan nuklir. Menurut undang-undang ini, reaktor nuklir harus diperbarukan dengan teknologi baru jika ditemukan reaksi negatif. Satu dari 11 unit reaktor di instalasi nuklir Ohi yang dinyalakan tidak mampu memenuhi kebutuhan listrik 18 juta warga Osaka Metropolis dan kompleks industri. Hal ini membuat warga dan industri berhemat. Rencananya, pada 20 Februari mendatang, reaktor akan mulai menjalani perawatan.

One Response to "REAKTOR NUKLIR JEPANG AKAN BEROPERASI APRIL 2012"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.