LELANG OBLIGASI TERBATAS | MIXED FRESH INFO

LELANG OBLIGASI TERBATAS

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 10 Januari 2012, under , | 0 komentar
Indonesia melepas obligasi berdenominasi dollar AS dengan harga diskon sebesar 1,85 persen. Dengan pemangkasan harga jual obligasi tersebut, investor menyerap surat utang negara senilai 1,75 miliar dollar AS atau sekitar Rp 15,75 triliun. Adapun jumlah penawaran yang masuk dalam lelang obligasi terbatas pada investor tertentu itu mencapai 3,6 miliar dollar AS atau terjadi kelebihan penawaran di atas obligasi yang sudah diserap sebesar 2,06 kali. Ini mengindikasikan jumlah dana yang disiapkan investor untuk membeli obligasi Pemerintah Indonesia itu masih lebih besar ketimbang jumlah obligasi yang diserap pelaku pasar.

Adapun obligasi berdenominasi dollar AS yang dilepas kali ini berseri RI0142 dengan tenor 30 tahun, yakni jatuh tempo pada 17 Januari 2042. Obligasi ini dilepas dengan kupon 5,25 persen dan imbal hasil 5,375 persen. Pembeli terbesar obligasi ini berasal dari Amerika Serikat, yakni 51 persen. Lalu investor Eropa 12 persen, dan 37 persen investor Asia yang 15 persen di antaranya investor asal Indonesia. Mereka sebagian besar berasal dari manajer pengelola aset sebanyak 73 persen, lalu bank 20 persen, asuransi dan dana pensiun 4 persen, serta private banking 3 persen.

One Response to "LELANG OBLIGASI TERBATAS"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.