DERITA TARLEM "SANG PAHLAWAN DEVISA" | MIXED FRESH INFO

DERITA TARLEM "SANG PAHLAWAN DEVISA"

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 08 Januari 2012, under , | 0 komentar
Memulai berita di tahun 2012 di blogku ini lagi-lagi terdengar berita duka dimana sang pahlawan devisa yang bernama Tarlem binti Unus Tajeum asal Subang, Jawa Barat, meninggal dunia di Jordania pada 24 November 2011 dengan penyebab kematiannya yang tidak jelas. Jenasah Tarlem dipulangkan ke Tanah Air, Minggu (8/1/2012) sore dengan menggunakan maskapai Etihad Airways. Jenazah Tarlem dijemput oleh suami beserta anaknya dan pendamping dari Migrant Care untuk kemudian dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk dilakukan otopsi.

Akan tetapi Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) menyesalkan putusan keluarga dan Migrant Care yang membawa jenasah Tarlem binti Unus Tajeum ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo untuk menjalani otopsi. PPTKIS beralasan pelaksanaan otopsi melanggar kewenangan pemerintah. Perusahaan beralasan bertanggung jawab terhadap pemulangan jenasah dan berharap keluarga korban dan Migrant Care memperhatikan prosedur yang ditentukan pemerintah.

Sementara itu, Migrant Care beralasan ada kejanggalan dalam penyebab kematian dimana pada tanggal 14 Desember (2011) datang utusan dari BNP2TKI yang memberitahukan keluarga tentang kematian almarhumah dan mengatakan agar jenazah sebaiknya tidak usah diotopsi. Selain itu, surat dari Kementerian Luar Negeri No. 05111/WN/XII/2011'65 tidak menyebutkan penyebab kematian Tarlem. Surat itu hanya menyebutkan data tempat dan waktu kematian sesuai nota diplomatik yang diterima dari Kementerian Luar Negeri Jordania kepada Kedutaan Besar RI di Amman, Jordania.

Tarlem bekerja sebagai pembantu rumah di Hay Al-Kamiyah, Jordania. Ia diberitakan meninggal pada 24 November 2011. Keluarganya baru menerima pemberitahuan resmi pada 14 Desember 2011. Jenasah Tarlem tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu sore pukul 15.00. Jenasah langsung dibawa ke RSCM untuk diotopsi.

One Response to "DERITA TARLEM "SANG PAHLAWAN DEVISA""

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.