PERSETUJUAN DPR TENTANG RENCANA PEMBELIAN PESAWAT TEMPUR F -16 BLOC 52 | MIXED FRESH INFO

PERSETUJUAN DPR TENTANG RENCANA PEMBELIAN PESAWAT TEMPUR F -16 BLOC 52

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 24 September 2011, under , | 0 komentar
Komisi I Bidang Pertahanan DPR RI menyetujui pembelian enam unit pesawat tempur baru berjenis F-16 Bloc 52 senilai US$430 juta atau setara dengan Rp3,8 triliun. Dana pembelian sudah dianggarkan dari Rencana Strategis (Renstra) jangka pendek Kementerian Pertahanan anggaran tahun 2011. Dipilihnya Bloc 52, karena agar kehadiran pesawat tempur itu memiliki efek getar dan daya tangkal yang cukup. Dan untuk menggantikan pesawat F-16 lama yang sudah dimiliki sebelumnya.

Kemudian,adanya tawaran hibah pesawat F-18 (grounded) dari Amerika Serikat adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menambah kuantitas pesawat tempur. Namun hal itu harus diberi dua syarat. Syarat pertama, pesawat-pesawat tersebut harus dapat di up grade menjadi F-16 Bloc 52 sesuai dengan RENSTRA awal tentang minimum essential force (MEF). Kedua, pesawat itu harus di up grade di Indonesia dengan melibatkan tenaga ahli Indonesia dan Badan Usaha Milik Negara Industri Pertahanan (BUMNIP).

Hal ini, sesuai dengan program nasional dalam rangka mewujudkan kemandirian sistem pertahanan Indonesia sesuai UU INSTRA yang sedang dalam proses penyelesaian. Sebagai informasi, jika membeli pesawat tempur Sukhoi satu skuadron sebanyak 16 pesawat, harganya sekitar US$800 juta.

One Response to "PERSETUJUAN DPR TENTANG RENCANA PEMBELIAN PESAWAT TEMPUR F -16 BLOC 52"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.