LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (1) | MIXED FRESH INFO

LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (1)

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 13 September 2011, under , | 0 komentar
Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim menggelar Latihan Bersama (Latma) dengan US Navy Seal. Latihan bareng ini digelar dengan sandi 'Flash Iron 11-02 JCET'. Latihan bersama ini dibuka oleh Asisten Oprerasi (Asops) Pangarmatim Kolonel Laut (P) Aru Sukmono di Gedung Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaparang) Kolat Koarmatim Ujung, Surabaya.

Dalam upacara itu dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Koarmatim serta personel US Navy Seal yang terlibat dalam latihan bersama tersebut. Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Latma tersebut diantaranya penerjunan (Military Free Fall), kemampuan menembak (Markmanship), pengamanan VIP Personel Security Detail (PSD), pendaratan pantai Over The Beach (OTB), pertempuran hutan Jungle Warfare, penanganan dan penjinakan ranjau (EOD/IEDD) serta penanggulanagan aksi kejahatan di laut Maritime Iterdiction Operation (MIO).

Sedangkan tempat latihan meliputi Mako Satkopaska Koarmatim, Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda Surabaya, Selat Bali dan Gunung Silogiri Banyuwangi. Prajurit Kopaska yang terlibat dalam latihan ini terdiri dari dua tim yang terdiri dari satu tim Satkopaska Koarmatim dan satu tim Satkopaska Koarmabar. Sedangkan dari pihak US Navy Seal menerjunkan tim Seals 17 yang bermarkas di Sandiego Amerika Serikat dibawah pimpinan Komandan Tim Chief Warrant Officer Kevin.

Pada saat pembukaan Latma Flash Iron 11-02, Asops Pangarmatim selaku Inspektur Upacara (Irup) menerima Laporan Kesiapan Latihan yang dibacakan oleh Komandan Satuan (Dansat) Kopaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Yeheskiel Katiandago dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta latihan terhadap perwakilan peserta Latma dari Kopaska dan US Navy Seals. Sejalan dengan perkembangan dan perubahan dunia global serta tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks, Kopaska yang memiliki tugas khusus melaksanakan Special Warfare atau peperangan laut khusus, dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalismenya dengan berlatih secara terus menerus.

Latihan bersama ini merupakan wujud dari kebijakan luar negeri antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Amerika Serikat ke arah yang lebih positif, dengan prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan.

One Response to "LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (1)"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.