LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (2) | MIXED FRESH INFO

LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (2)

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 13 September 2011, under , | 0 komentar
Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan US Navy Seal latihan terjun Military Free Fall (MFF) bersama di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian latihan bersama (Latma) Flash Iron 11-02 JCET yang diikuti oleh personel Satkopaska Koarmatim dan Satkopaska Koarmabar serta satu tim US Navy Seals 17 yang bermarkas di Sandiego, Amerika Serikat. Latihan penerjunan dilaksanakan dua tahap (Sorty). Penerjun Sorty pertama diikuti 11 orang personel Kopaska dengan ketinggian 6000 fit dan 7 personel Navy Seal dengan ketinggian 8000 fit.

Sedangkan para penerjun Sorty ke dua diikuti 12 Kopasaka dan 7 Navy Seal dengan ketinggian yang sama menggunakan parasut jenis UM-1B. Penerjun melaksanakan Boarding ke Pesawat Cassa 212 yang berada di Skuadron 600. Tempat pendaratan (Drop Zone) para penerjun tersebut berada di lapangan Hanggar Helly di Lanudal Juanda. Tim penerjun dari Kopaska yang mengikuti latihan Military Free Fall ini didampingi dua orang Jumping Master yaitu Sertu Nav Eko Siswoyo dan Sertu Sba Zainudin. Sedangkan Tim Seal didampingi seorang Jumping Master Chief Warrant Officer (CWO) Kevin. Parasut jenis UM-1B yang digunakan pada latihan ini mampu mengangkut beban seberat kurang lebih 180 kg sehingga mampu menahan beban yang dibawa setiap personel berupa senjata dan logistik.

Sedangkan MFF biasanya dilaksanakan oleh pasukan khusus untuk menyusup ke daerah lawan (Infiltrasi) melalui udara dengan sasaran Obyek Fital, Laut dan kapal yang dikuasi oleh musuh pada saat siang maupun malam hari. Kemampuan Military Free Fall wajib dikuasai oleh setiap personel Kopaska guna mendukung tugas melaksanakan oprasi peperangan laut khusus.

One Response to "LATIHAN BERSAMA SATUAN KOMANDO PASUKAN KATAK DENGAN US NAVY SEAL (2)"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.