JATUHNYA PESAWAT SUSI AIR | MIXED FRESH INFO

JATUHNYA PESAWAT SUSI AIR

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 11 September 2011, under | 0 komentar
Maih ingat tentang cerita wanita sukses beberapa waktu lalu? Kalau sudah lupa bisa dibaca disini. Perusahaan tersebut kini tengah dalam keadaan berduka karena Pesawat Cessna C 208B PK-VVE Grand Caravan milik perusahaan Susi Air dilaporkan jatuh di distrik Pasema, Kabupaten Yahukimo, Papua. Pesawat Jatuh saat dalam penerbangan dari Wamena menuju Kenyam. Pesawat tersebut berangkat dari Wamena sekitar pukul 12.20 WIT dengan mengangkut empat drum solar dan sembako seberat 1.159 kilogram.

Pesawat tersebut dipiloti oleh Dave Cootes, seorang pilot asal Australia, dan kopilot Thomas Munk asal Slovakia. Pesawat tersebut seyogianya tiba di Kenyam sekitar pukul 13.30. Namun hingga waktu yang ditentukan pesawat tersebut tak kunjung tiba. Sempat dilakukan pencarian oleh pesawat dari perusahaan bersangkutan, hingga ditemukan pesawat tersebut telah jatuh di distrik Paseman.

Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti, menyebut kecelakaan yang terjadi di Papua tidak ada kaitannya dengan kondisi pesawat. Pesawat seharga Rp 25 miliar tersebut dilengkapi dengan sistem yang memadai. Pesawat memiliki tombol emergency position yang dapat ditekan oleh pilot dan kopilot sewaktu-waktu dalam kondisi darurat. Saat kecelakaan terjadi, dari hasil pantauan di sistem Blue Sky Susi Air juga tidak ada tanda-tanda emergency dari pilot ataupun kopilot. Pesawat Caravan tersebut juga di cek secara reguler dan mendapatkan perawatan rutin mesin-mesin sebelum diterbangkan. Meski demikian Susi masih menanti hasil investigasi yang dilakukan secara saksama oleh pihak Susi Air dan KNKT.

Faktor cuaca yang sangat buruk masih diduga sebagai penyebab utama terjadinya kecelakaan pesawat caravan tersebut. Selain faktor cuaca, pihaknya tidak menampik kemungkinan terjadinya human error dalam kecelakaan tersebut. Faktor human error yang kerap terjadi biasanya adalah kelebihan muatan kargo atau pilot yang kurang pengalaman. Dari sisi pilot, dia menegaskan baik pilot dan kopilot memiliki jam terbang yang cukup banyak, yaitu 1.800 jam untuk pilot dan 900 jam untuk kopilot.

One Response to "JATUHNYA PESAWAT SUSI AIR"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.