EKSPORTIR EMAS TERBESAR DI INDONESIA | MIXED FRESH INFO

EKSPORTIR EMAS TERBESAR DI INDONESIA

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 19 Agustus 2011, under , | 0 komentar
Provinsi Jawa Timur (Jatim) tercatat sebagai eksportir emas terbesar di Indonesia dimana 35 persen industri perhiasan emas diantaranya tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan besar. Pemerintah Provinsi Jatim mengatakan ekspor emas nasional pada semester I-2011 diperkirakan mencapai US$412,99 juta, setara Rp3,72 triliun. Dari jumlah tersebut, ekspor perhiasan Jatim mencapai US$146,2 juta (Rp1,31 triliun) atau 35,4 persen dari nilai ekspor nasional.

Pada semester II-2011, ekspor emas Jatim diprediksi naik 40 persen, yakni sekitar US$200 juta (Rp1,8 triliun). Sehingga dalam setahun, total ekspor perhiasan emas Jatim diperkirakan mencapai US$350 juta (Rp3,15 triliun). Saat ini Jawa Timur memiliki setidaknya 24 unit industri perhiasan emas skala besar dan menengah. Selain itu, Jatim juga mempunyai 1.854 unit usaha industri kecil perhiasan di sentra-sentra industri kecil perhiasan emas, perak dan batu mulia yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Sejumlah daerah yang terkenal dengan sentra bisnis perhiasan emas diantaranya, Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Lamongan, Pasuruan, Lumajang dan Pacitan. Usaha sektor perhiasan emas ini telah mampu menyerap tenaga kerja hingga 17.600 orang.

One Response to "EKSPORTIR EMAS TERBESAR DI INDONESIA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.