SYARAT PENGAJUAN KREDIT BANK | MIXED FRESH INFO

SYARAT PENGAJUAN KREDIT BANK

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 15 Juli 2011, under , | 0 komentar
Bank sebagai salah satu lembaga keuangan yang bertugas membantu pengusaha yang ingin berkembang membuatnya menjadi pilihan sebagian besar orang untuk mendapatkan modal. Alasan yang dipilih antara lain karena proses pengajuan kredit yang cepat dan suku bunga kredit yang relatif kecil bila dibandingkan dengan koperasi. Tapi beberapa orang yang baru pertama kali akan mengajukan kredit di bank seringkali mengalami kesulitan karena beberapa aspek.

Nah untuk itu, berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan oleh calon debitur dalam proses pengajuan kredit di bank diantaranya prinsip perbankan dalam pemberian kredit. Hal ini penting dilakukan karena bisa mempengaruhi proses pengajuan kredit anda. Pihak perbankan selalu berpedoman pada prinsip 5 C dalam proses penilaian kredit seorang debitur yang meliputi character (karakter), capital (modal), collateral (jaminan), capacity (kapasitas usaha), dan condition (kondisi usaha).
  • Character (Karakter) meliputi komitmen usaha yang dibangun, rekaman usaha seperti pemasok, pelanggan, dan sejarah perbankan. Bank akan melihat apakah usaha Anda pernah memiliki sejarah pinjaman yang bermasalah atau tidak. Hal ini terlihat dalam hasil BI Checking yang dilakukan petugas bank untuk mengetahui riwayat kredit anda maunpun suami/istri di bank seluruh Indonesia. Beberapa calon debitur merasa bank tidak akan mengetahui tunggakan kartu kredit yang dimilikinya.
  • Capital (Sisi permodalan), bank melihat modal yang dibutuhkan untuk usaha. Dimana bank tidak bisa 100 persen memberikan pembiayaan ke usaha yang mengajukan permodalan sehingga calon debitur harus memiliki self financing (modal dari diri sendiri), baik itu aset kekayaan maupun jumlah tabungan atau deposito yang dimilikinya. Mengenai komposisi kepemilikannya perlu diketahui siapa pemilik saham terbesar usaha yang dijalankan sehingga bank mengetahui bagaimana keberlangsungan bisnis yang dijalankan pada masa depan.
  • Capacity (kapasitas usaha) yang diajukan juga menjadi faktor pendukung. Bank antara lain akan melihat hasil penjualan, struktur biaya, arus kas, perputaran tagihan dan biaya terhadap pendapatan.
  • Condition (kondisi usaha) biasanya yang dilihat adalah perizinan apakah memiliki izin dari pihak terkait seperti kelurahan atau camat.
  • Collateral (jaminan). Ada dua jenis jaminan yang bisa dijadikan jaminan, yakni yang berwujud seperti peralatan, mesin, kendaraan, bangunan, atau tanah. Dan jaminan yang tidak berwujud yakni seperti garansi personal atau perusahaan seperti jaminan yang diberikan asuransi kredit.

One Response to "SYARAT PENGAJUAN KREDIT BANK"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.