JENIS-JENIS ASURANSI JIWA | MIXED FRESH INFO

JENIS-JENIS ASURANSI JIWA

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 15 Juli 2011, under , | 0 komentar
Prospek di masa depan yang cukup menjanjikan membuat perusahaan baik itu pihak swasta maupun perbankan berlomba-lomba mencari calon pelanggannya. Berbagai kemudahan dan fasilitas ditawarkan agar bisa menarik minat pelanggan mulai dari premi per bulannya yang terjangkau, fasilitas kesehatan di Rumah Sakit terbaik jika mengalami kecelakaan, tunjangan hari tua dan sebagainya. Asuransi yang ditawarkan pun beraneka ragam mulai dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran dan lain-lain.

Setiap produk yang ditawarkan tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda guna memenuhi kebutuhan dan kemampuan nasabah. Sebelum mengikuti program asuransi sebaiknya calon nasabah melihat melihat rekam jejak perusahaan asuransinya, apakah perusahaan asuransi itu terdaftar di Kementerian Keuangan atau tidak. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat hasil yang kita akan dapatkan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tentang perusahaan asuransi tersebut.

Menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), jenis-jenis asuransi Jiwa terdiri dari :
  • Asuransi Jiwa Berjangka (Term)
Ciri khas ini terletak pada proteksi maksimum dengan preminya yang relatif rendah. Sebab itu, jenis produk ini menarik bagi calon tertanggung yang mempunyai kebutuhan asuransi besar, namun daya belinya terbatas. Biasanya yang memilih asuransi jenis ini adalah calon pemegang polis yang ingin memproteksi masa depan anaknya dan calon pemegang polis yang baru meniti karier.
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)
Ciri khas asuransi ini adalah jenis dasar asuransi jiwa permanen yang memberi proteksi asuransi seumur hidup. Produk asuransi jiwa seumur hidup diminati oleh calon pemegang polis yang ingin memiliki proteksi jiwa sekaligus menghasilkan dana tabungan yang dapat dipakai untuk kebutuhan darurat, calon pemegang polis yang membutuhkan proteksi penghasilan permanen (biaya tagihan rumah sakit) dan calon pemegang polis yang ingin mendapat sejumlah pertumbuhan modal investasi.
  • Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
Ciri khas asuransi ini adalah proteksi yang memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu, dan sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir pertanggungan. Karena memberikan dua manfaat, asuransi ini disebut dwiguna atau unit link. Produk ini berguna bagi calon pemegang polis yang ingin terlindung dari dampak keuangan karena kematian dini. Produk asuransi Jiwa Dwiguna ini dipilih oleh calon pemegang polis yang memerlukan dana bagi pendidikan anak, calon pemegang polis yang ingin memiliki sejumlah dana untuk kebutuhan di masa depan dan calon pemegang polis yang ingin memiliki dana pensiun.

Asuransi ini terbagi dalam dua jenis, asuransi jiwa unit link single (premi tunggal) dan asuransi jiwa unit link reguler (premi berkala). Ciri khas asuransi premi tunggal adalah premi dibayarkan secara sekaligus. Biasanya asuransi ini premi untuk pemegang polis yang ingin berinvestasi jangka panjang. Sementara itu, ciri khas asuransi premi berkala merupakan investasi jangka panjang yang polisnya diatur secara berkala. Pemegang polis ini biasanya orang yang memilih investasi namun tetap terproteksi.

One Response to "JENIS-JENIS ASURANSI JIWA"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.