SUPER TUCANO A29 TNI AU | MIXED FRESH INFO

SUPER TUCANO A29 TNI AU

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 07 Juli 2011, under , | 0 komentar
Pesawat tempur Super Tucano A29 segera melengkapi kekuatan TNI Angkatan Udara pada Maret 2012. Pesawat yang sudah dibeli TNI itu sebanyak 16 unit atau satu skuadron. Pengiriman dilakukan bertahap, diawali dengan kedatangan empat unit pada Maret 2012. Pesawat tempur Super Tucano ini datang untuk mengganti pesawat tempur Oviten-10F Bronco. Super Tucano merupakan pesawat buatan Empresa Brasiliera de Aeronautica asal Brazil dan akan ditempatkan di Lanud Abdurrahman Saleh, Malang dengan tujuan memperkuat kedaulatan udara NKRI, khususnya di Indonesia bagian timur.

Pesawat tempur Super Tucano ini selain dilengkapi persenjataan juga memiliki kemampuan melakukan pemantauan wilayah sehingga bisa memastikan tidak ada pelanggaran batas negara oleh pihak lain. Pesawat Super Tucano memiliki kelebihan misi operasi taktis dalam membantu pasukan darat. Pesawat ini memiliki propeler mesin tunggal, tapi mampu menembakkan asap ke darat secara cepat untuk menunjukkan posisi musuh, sehingga bisa diteruskan untuk misi udara. Skuadron 21 Lanud Abdurrahman Saleh sudah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung untuk menyambut pesawat tempur Super Tucano seperti para pilot tempur TNI AU.

Sedangkan dari rencana hibah 24 unit pesawat tempur F16 dari pemerintah Amerika Serikat saat ini masih dalam proses "up-grade". Dengan adanya hibah pesawat tempur F16 itu bisa menambah kekuataan armada udara RI.

One Response to "SUPER TUCANO A29 TNI AU"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.