PROFIL PELATIH TIM NASIONAL SENIOR MERAH PUTIH | MIXED FRESH INFO

PROFIL PELATIH TIM NASIONAL SENIOR MERAH PUTIH

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 13 Juli 2011, under , | 0 komentar
Setelah keputusan pemecatan pelatih tim nasional Indonesia asal Austria, Alfred Riedl oleh PSSI sekarang tim nasional senior Merah Putih akan ditangani oleh pelatih asal Belanda, Wilhemus 'Wim' Rijsbergen. Pelatih ini lahir di Leiden, Belanda dengan nama lengkap Wilhelmus Gerardus Rijsbergen adalah mantan pemain sepakbola profesional. Rijsbergen memulai karir sepak bola lewat klub Leiden Roodenburg. Karir sesungguhnya mulai berkembang sejak masuk PEC Zwolle dan kemudian selama tujuh tahun di Feyenoord Rotterdam pada 1971-1978. Di Feyenoord, dia sukses meraih gelar Eredivisie (Liga Belanda) serta Piala UEFA pada musim 1973-74.

Di timnas Belanda, pria yang berposisi sebagai bek tengah ini sukses mengantarkan Oranje ke partai puncak Piala Dunia 1974 dan 1978, meskipun harus puas di posisi runner-up. Dia juga membawa Belanda menjadi peringkat tiga Piala Eropa 1976. Setelah mengakhiri karirnya di klub yang sempat diperkuat Irfan Bachdim, FC Utrecht pada 1986, dia langsung mencoba peruntungannya sebagai pelatih. Dia memulai karirnya sebagai pelatih tim junior Ajax Amsterdam selama dua tahun. Setelah itu dia beberapa kali berganti-ganti klub dari mulai FC Volendam, NAC Breda dan FC Groningen.

Pada 2005 ia menjadi asisten pelatih timnas Trinidad & Tobago. Bersama pelatih kepala Leo Beenhakker dia membuat sensasi dengan meloloskan negara kecil ini ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman. Akhirnya pada Januari 2011, pria 59 tahun ini memulai karir di Indonesia bersama klub Liga Primer Indonesia (LPI), PSM Makassar. Dia membawa PSM ke posisi 3 sampai pertengahan musim dengan rincian 10 menang, 4 seri, dan 4 kalah.

Nantinya Rijsbergen akan didampingi oleh pelatih nasional Rahmad Darmawan yang sebelumnya ditunjuk sebagai pelatih kepala untuk tim U-23 SEA Games 2011. Dengan pemecatan Riedl, secara otomatis asisten pelatihnya yang selama ini membantu kerja Riedl, Wolfgang Pikal, juga ikut diberhentikan.

One Response to "PROFIL PELATIH TIM NASIONAL SENIOR MERAH PUTIH"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.