TIPS MENGATASI REM CAKRAM YANG BERGELOMBANG | MIXED FRESH INFO

TIPS MENGATASI REM CAKRAM YANG BERGELOMBANG

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 25 Juni 2011, under | 0 komentar
Cakram rem merupakan bagian dari kendaraan yang cukup vital. Bagaimana tidak kecelakaan lalu lintas yang terjadi beberapa diantaranya disebabkan oleh rem yang blong. Rem blong disebabkan karena permukaan cakram rem yang bergelombang. Piringan cakram yang bergelombang disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya kotoran yang melekat kuat di permukaan, aus seiring dengan usia pemakaian, serta kualitas kanvas rem yang jelek.

Berikut tips mengatasi cakram rem bergelombang :
  • Kanvas rem cepat aus
Bila cakram rem yang bergelombang tidak segera diperbaiki, hal itu akan cepat menggerus kanvas rem. Apabila cakram rem telah menunjukkan tanda-tanda bergelombang, tapi masih dalam taraf dini, sebaiknya diampelas atau dibubut hingga rata.
  • Piston kaliper bocor
Akibat permukaan cakram yang tidak rata, sistem pengereman mobil bergoyang atau bergetar ketika pengemudi menginjak pedal rem dalam-dalam sehingga piston seperti diungkit. Akibatnya, karet caliper piston seal tertekan kuat. Bila kejadian seperti itu sering terjadi karena pengemudi juga kerap mengerem, caliper piston akan bocor dan minyak rem akan cepat habis.
  • Rem mengunci secara tiba-tiba
Akibat yang sering terjadi, adalah sistem pengereman mengunci tiba-tiba. Memang, bila mobil melaju dalam kecepatan rendah, rem yang mengunci itu hanya menyebabkan tenaga mobil terasa berat seperti rem tangan mobil diaktifkan. Namun, dalam kondisi ekstrem, yaitu bila tingkat ketidakrataan permukaan cakram sudah parah dan mobil dalam kecepatan tinggi, laju mobil akan terhenti tiba-tiba sesaat setelah pengemudi mengerem.
  • Lakukan pencegahan
Sebelum permukaan cakram bergelombang terjadi pada mobil, lakukan beberapa langkah pencegahan diantaranya adalah memeriksa perangkat sistem pengereman setiap mobil telah melaju 10 ribu kilometer. Kemudian ganti minyak rem setelah mobil menempuh jarak 20 ribu kilometer. Selain itu, pastikan piringan cakram dan kanvas rem adalah peranti asli, bukan imitasi. Dan jagalah kebersihan kolong mobil terutama di wilayah peranti pengereman.

Sumber : tempo

One Response to "TIPS MENGATASI REM CAKRAM YANG BERGELOMBANG"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.