TIPS MEMBERSIHKAN BUSI | MIXED FRESH INFO

TIPS MEMBERSIHKAN BUSI

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 27 Juni 2011, under | 0 komentar
Busi bagi motor atau mobil memiliki fungsi penting yakni memantikan api listrik dalam sebuah rangkaian proses pembakaran bahan bakar dan udara di mesin. Bila tidak ada api, proses pembakaran tidak akan terjadi. Mesin pun tidak bakal aktif alias mogok. Selain rutin membersihkan kerak yang ada di bagian kepala busi, pengendara wajib menyetel ulang kerenggangan antara elektoda dan kepala busi. Hal itu dimaksudkan agar percikan atau letupan bunga api yang dihasilkan busi bisa ajek atau konstan.

Berikut tips untuk membersihkan busi kendaraan bermotor seperti yang dikutip dari tempo interaktif :
  • Jangan mengampelas elektroda
Mengampelas bagian elektroda dan kepala busi saat membersihkan kotoran yang menempel di bagian tersebut memang terbukti ampuh karena busi langsung memantikan api yang lumayan besar tetapi bisa mengakibatkan umur busi yang semakin pendek. Gesekan kertas ampelas dengan elektroda mengakibatkan lapisan pada elektroda menipis sehingga perlu disesuaikan tingkat kerenggangan antara kepala busi dan elektroda secara rutin. Cara yang dianjurkan adalah membersihkannya dengan sikat dari kawat beberapa kali hingga bersih.
  • Akibat memaksa elektroda yang tipis dengan kepala busi
Bila elektroda menipis, berarti mendekatkan elektroda dengan kepala busi. Padahal, jarak yang tidak ideal antarkeduanya atau terlalu dekat justru akan menyebabkan busi cepat panas atau overheating. Jarak yang ideal adalah 0,8 milimeter (mm) atau maksimal 0,6 mm. Bila terlalu rapat lantaran elektroda terlalu dekat dengan kepala karena sudah tipis putaran mesin juga berat. Tanda busi yang overheating adalah terdapat kotoran berwarna kekuningan. Selain itu, elektrodanya juga berwarna keunguan. Namun, bila elektroda sudah tipis dan meskipun tetap menjaga kerenggangan 0,8 mm, hal itu akan tetap menimbulkan masalah. Percikan api tidak sempurna, sehingga stasioner mesin tidak stabil dan koil cepat mati.
  • Hindari merendam busi di bensin atau minyak tanah
Kebiasaan lain yang juga kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan saat membersihkan busi adalah merendam terlebih dahulu peranti itu dengan bensin atau minyak tanah. Tujuannya agar kotoran yang menempel di peranti itu cepat rontok. Meski minyak dan bensin cepat menguap dan badan busi terbuat dari bahan keramik yang keras, tidak tertutup kemungkinan unsur-unsur di bensin atau minyak meresap ke bagian dalam busi. Selain itu, unsur-unsur pada bensin atau minyak tanah itu justru cepat memicu munculnya kotoran. Bila kotoran menumpuk, busi akan cepat aus.

One Response to "TIPS MEMBERSIHKAN BUSI"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.