RICHARD GERE DAN CANDI BOROBUDUR | MIXED FRESH INFO

RICHARD GERE DAN CANDI BOROBUDUR

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 18 Juni 2011, under , , | 0 komentar
Aktor Hollywood Richard Gere akan berkunjung ke Indonesia dengan mengunjungi berbagai situs Buddha terbesar yakni Candi Borobudur pada tanggal 26 Juni 2011. Menurut Dirjen Pemasaran Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar, ada beberapa perayaan pada tahun 2011 yang berkaitan dengan Candi Borobudur.

Salah satu yang menginspirasi kunjungan Richard Gere adalah perayaan 1.000 tahun kedatangan Atisha, 100 tahun perayaan restorasi modern terhadap Candi Borobudur, 200 tahun Raffles menemukan Candi Borobudur, 20 tahun pencanangan UNESCO. Perayaan lainnya adalah tepat 50 tahun lalu Presiden Soekarno membuka pentas Ramayana.

Atisha adalah pendeta yang membawa gelombang Buddha ke Tibet. Pada tahun 1011 ia belajar Buddha di Sriwijaya. Tahun 1012, Atisha mengunjungi Candi Borobudur. Ajaran yang ada di Candi Borobudur ia bawa ke Tibet. Jadi akar ajaran Buddha di Tibet sampai sekarang ini asalnya dari Candi Borobudur. Selanjutnya, pendeta Atisha dari Bengali melakukan perjalanan ke Sriwijaya untuk suatu tujuan. Saat itu, tuturnya, gelombang pertama Buddha di Tibet tidak terarah. Untuk meluruskan ajaran di Tibet, Raja Tibet melakukan perjalanan untuk mencari pendeta yang bisa mengajar di Tibet. Sayangnya, Raja Tibet meninggal di dalam tahanan saat tertangkap musuh di perjalanan.

Tekad ini terdengar dari Atisha dan berdedikasi melakukan ajaran ke Tibet. Saat mau ke Tibet, Atisha mendapat ilham bahwa harus ke Sriwijaya. Ia ke Sriwijaya tahun 1011 Masehi. Selama 12 tahun ia belajar di Sumatera dan Candi Borobudur. Ada satu ajaran yang diterapkan banyak aliran di Tibet, itu hasil ajaran Atisha yang belajar di Indonesia.

Selama di Indonesia Richard Gere dijadwalkan akan melihat matahari terbit di Candi Borobudur dan mempelajari relief Borobudur sehingga bisa menyerap histori dan ajaran di balik Candi Borobudur. Gere juga akan menyaksikan pementasan Mahakarya Borobudur. Selain itu, ia akan mengikuti Morning Peace Walk dan menanam pohon bodhi di taman Borobudur. Jadwal kunjungan lainnya adalan bertandang ke Candi Mendut, melakukan kunjungan sosial ke Desa Wisata Borobudur, dan jamuan makan malam bersama Sultan Hamengku Bowono X di Keraton Kesultanan Yogyakarta. Kunjungan Richard Gere juga dalam rangka penggalangan dana. Pasca letusan Gunung Merapi hingga saat ini, Candi Borobudur masih dalam tahap perbaikan di beberapa bagiannya.

Saat ini pengelola PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memberlakukan ketentuan, wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur wajib mengenakan sarung saat mengelilingi candi Buddha terbesar di dunia yang dibangun sekitar abad ke-8 pada masa Dinasti Syailendra itu. Progam memakai sarung bercorak batik dimaksudkan untuk pelestarian dan meningkatkan penghargaan terhadap Candi Borobudur sebagai karya agung nenek moyang bangsa Indonesia dan warisan peradaban dunia.

One Response to "RICHARD GERE DAN CANDI BOROBUDUR"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.