MENGENAL SEPUTAR VARISES DAN AKIBATNYA BAGI KESEHATAN | MIXED FRESH INFO

MENGENAL SEPUTAR VARISES DAN AKIBATNYA BAGI KESEHATAN

Posted by Mixed Fresh Info Sabtu, 04 Juni 2011, under , , , | 0 komentar
Varises merupakan kelainan yang timbul karena adanya urat-urat halus yang menyembul di seputar betis belakang. Kelainan ini terjadi di pembuluh darah balik (vena), yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tak lancar, karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh.

Selain di bagian kaki, belakangan diketahui bahwa ternyata varises pun bisa terjadi di bagian lengan, anus, dan daerah lainnya. Varises disebabkan berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot di sekitarnya.

Varises kadang dianggap masalah ringan oleh beberapa orang. Padahal jika dibiarkan dalam waktu yang lama varises ini bisa menyebabkan komplikasi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari atau merusak penampilan. Varises menjadi penyebab perdarahan, luka, infeksi dan gangguan sirkulasi pembuluh darah lainnya.

Gejala dan keluhan dari penyakit varises ini berdasarkan berat ringannya terbagi menjadi empat stadium: stadium satu yaitu ada stadium ini keluhan biasanya tidak spesifik. Pada umumnya ditandai dengan keluhan tungkai: gatal, rasa terbakar, rasa kemeng, kaki mudah capek, kesemutan, dan rasa pegal.

One Response to "MENGENAL SEPUTAR VARISES DAN AKIBATNYA BAGI KESEHATAN"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.