KAPAN INDONESIA BAGIAN TIMUR DIBERIKAN KESEMPATAN BERKEMBANG? | MIXED FRESH INFO

KAPAN INDONESIA BAGIAN TIMUR DIBERIKAN KESEMPATAN BERKEMBANG?

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 06 Juni 2011, under , | 0 komentar
Kapan Indonesia bagian timur diberikan kesempatan berkembang? Mungkin itu yang ada dalam benak masyarakat setempat. Bagaimana tidak, pemerintah pusat yang harusnya bisa memberikan kesempatan yang sama bagi daerah-daerah untuk bisa maju tapi apa yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan kenyataan. Dan jika daerah terpencil itu memiliki prestasi di dunia internasional, banyak pihak akan berlomba-lomba mengatakan berkat jasanyalah daerah itu bisa maju seperti itu. Sungguh ironis kenyataan yang dialami daerah Indonesia bagian timur tersebut....

Kasus yang terjadi ini dialami oleh Lombok dimana pemerintah mengaku tak mau ambil risiko menjadikan Lombok sebagai tuan rumah pertemuan forum Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di 2013. Meskipun Pemda NTB menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, dalam pertemuannya dengan Gubernur NTB M Zainul Majdi dibahas soal pertemuan APEC di 2013 tersebut. Zainul mengusulkan Lombok menjadi tuan rumah. Hatta mengatakan, di atas lahan seluas 1.200 hektare di Lombok rencananya akan dibangun pusat pariwisata baru. Meski begitu, namun pemerintah belum berani ambil risiko menjadikan Lombok sebagai tuan rumah pertemuan APEC karena banyaknya peserta dari luar yang bakal hadir.

Menurut Hatta, pelaksanaan APEC tentu pemerintah tidak mau risiko dengan daerah yang sama sekali baru untuk dijadikan ajang pertemuan APEC yang besar dimana ada 22-28 kepala negara yang hadir. AS kafilahnya saja bisa 1.000-an, untuk itu fasilitas harus benar-benar memadai. Namun, Hatta menyatakan Lombok tetap menjadi bagian dari pembangunan wilayah pariwisata bersama Bangka Belitung dan Banten.

"Untuk jadikan NTB jadi pusat pariwisata yang baru itu rencana kita, sekarang 3 daerah jadi basis wisata, Lombok 1.200 hektare di mana bandara sudah akan diresmikan, 2 daerah Bangka Belitung, ke 3 Tanjung Lesung di atas areal ribuan hektar, yang akan membuka Banten dan Selatan Jawa yang terisolisasi, intinya itu pembicaraan," jelasnya. Dengan adanya kawasan khusus pariwisata, Hatta menyatakan pemerintah akan mengkaji pemberian insentif untuk daerah-daerah tersebut.

One Response to "KAPAN INDONESIA BAGIAN TIMUR DIBERIKAN KESEMPATAN BERKEMBANG?"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.