GELAR BANGSAWAN KERATON SOLO | MIXED FRESH INFO

GELAR BANGSAWAN KERATON SOLO

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 26 Juni 2011, under , | 0 komentar
Gelar bangsawan keraton dalam adat jawa menunjukkan status seseorang di mata masyarakat. Jika seseorang memiliki gelar bangsawan keraton Keraton bisa dipastikan yang bersangkutan merupakan orang yang telah berjasa memajukan daerah itu. Karena pada dasarnya gelar bangsawan keraton tidak gampang diberikan pada seseorang, dibutuhkan pengorbanan dan dedikasi yang tinggi untuk mendapatkannya.

Tahun ini, keraton Surakarta dimana keraton Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kebangsawanan kepada 34 tokoh dari berbagai profesi. Acara wisudan Santana berupa penyematan pin dan penyerahan piagam dilakukan oleh Raja Keraton Surakarta Pakoe Boewono XIII Tedjowulan di Jakarta. Pemberian gelar kekerabatan yang selama ini dilaksanakan telah melalui mekanisme selektif yang dinilai oleh Lembaga Pengageng Putra Sentana dan Pengageng Parentah Keraton. Sehingga, pemberian gelar kekerabatan keraton sudah melalui mekanisme baku yang berlaku di dalam institusi Keraton Surakarta dengan berbagai pertimbangan yang dijadikan tolak ukur.

Adapun kriteria pemberian gelar bangsawan yakni: memberi jasa kepada masyarakat, memiliki eksistensi di bidangnya masing-masing, dan membagikan hal-hal yang bermanfaat dalam bidang kebudayaan. Berikut nama-nama yang berhak menyandang gelar bangsawan dari keraton solo diantaranya :
  1. Dr. Marzuki Ali dengan gelar DR. KP Adp. Ar Pamesthinagoro
  2. Lalu Prof. Dr. Muhammad Mahfud, MD, SH mendapat gelar Prof. Dr. KP Adp Muhammad Mahfud Kusumonagoro, SH.
  3. Tanri Abeng mendapat gelar KP Ar. Tanri Abeng Adityonagoro.
  4. Hj. Melanie Leimina Suharli mendapat gelar terpanjang, yakni Hj. KRAy Adp Melani Leimena Suharti Retno Kusumaningtyas.
  5. Yeni Wahid juga mendapat gelar yakni KRAy Sitaningrum.
  6. Tina Talisa mendapatkan gelar KMAyT Tina Talisa Prawitaningrum untuk aktifitasnya di dunia presenter.
  7. Dokter Lula Kamal mendapat gelar KMAyT Husdadiwati, MSc (gelar untuk bidang kesehatan).
  8. Sri Rossa Roslaina Handayani (Rossa) mendapat gelar untuk mengapresiasi dedikasinya dalam bidang musik, yakni KMAyT Sri Rossa Swarakaloka.
  9. Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Dewi Ames
  10. Puteri Indonesia (pemenang puteri lingkungan) 2010 dr. Reisa Kartikasari mendapat gelar Kanjeng Mas Ayu Tumenggung dr. Reisa Kartikasari.
Sumber : kompas

One Response to "GELAR BANGSAWAN KERATON SOLO"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.