CARA MENGATASI PENYEBAB CENTRAL LOCK MOBIL MACET | MIXED FRESH INFO

CARA MENGATASI PENYEBAB CENTRAL LOCK MOBIL MACET

Posted by Mixed Fresh Info Kamis, 09 Juni 2011, under | 2 komentar
Hampir semua jenis dan merek mobil saat ini telah menggunakan peranti central lock yang dikendalikan dengan remote control untuk mengunci atau membuka pintu sehingga pengguna mobil pun tak perlu repot mengunci ataupun membuka kunci pintu mobil. Hanya dengan menekan tombol remote control maka kunci pintu mobil akan terbuka. Tapi segala sesuatu yang bersifat otomatis tentu saja akan pernah mengalami kerusakan. Berikut beberapa penyebab central lock mobil macet dan cara mengatasinya kerusakan tersebut :
  • Motor penggerak aus
Meski masa pakai peranti ini tergolong lama atau relatif awet, perawatan yang kurang bagus bisa menyebabkannya cepat aus. Beberapa kasus menunjukkan, motor penggerak yang telah aus karena faktor usia atau kesalahan perlakuan menjadikan pintu sulit dibuka. Bila motor sudah tidak berfungsi secara normal, mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru. Namun, sebelumnya pastikan dulu kondisi peranti itu apakah memang benar-benar sudah aus atau karena faktor lain.

Caranya, gunakan tes pen untuk melihat ada tidaknya aliran listrik di motor tersebut. Bila masih kurang yakin, putuskan sementara kabel dari motor itu dan sambunglah dengan kabel lain yang lebih panjang langsung ke aki. Kemudian dengan remote control, buka-tutuplah kunci dengan catatan apabila pergerakannya cepat dan suaranya nyaring berarti masih normal dan sebaliknya.
  • Gigi penggerak dan lengan batang rusak
Bila ternyata motor central lock masih normal, alihkan perhatian ke bagian gigi penggerak serta lengan batang penggerak sistem kunci. Amati apakah gigi tersebut masih cukup kuat menggerakkan sistem penguncian yang terdiri dari beberapa batang kawat. Bila gigi ternyata kondisinya masih bagus, kecurigaan dialihkan ke bagian lengan atau batang penggerak. Gerakkan batang yang lemah atau seret bisa menyebabkan proses membuka kunci seret. Penyebab kerusakan dua peranti itu karena faktor usia serta kesalahan perlakuan.
  • Benturan keras pada pintu
Penyebab lain central lock sulit terbuka adalah karena pintu di mana motor penggerak ditempatkan mengalami benturan keras baik karena tabrakan atau faktor lain. Benturan itu menjadikan posisi gigi berubah dan lengan batang bengkok.
  • Kotoran yang menumpuk dan kabel aus
Gigi dan lengan batang itu seret karena tidak pernah dilumasi, apalagi terdapat banyak debu atau kotoran yang masuk ke sela antara pintu dan trim pintu. Selain itu, periksa pula berbagai kabel yang ada di sistem central lock. Pasalnya, seiring dengan menumpuknya kotoran dan kondisi lembap di sela antara pintu dan trim kabel, sistem kelistrikan cepat aus atau getas. Sambungan yang tidak tepat atau ada beberapa helai rambut kabel yang putus cukup berpengaruh terhadap sistem kerja central lock.

One Response to "CARA MENGATASI PENYEBAB CENTRAL LOCK MOBIL MACET"

  1. Anonim
    Says:

    saya mau bertanya apakah di tobagus nanti nya jika saya ikut program kursus apakah sentralock bisa juga di ajar kan kepada saya terimakasi(fachurrozi)

  1. Anonim
    Says:

    gmn jk pintu tak bs di buka maupun di kunci? pdhal jendela bisa naik turun

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.