UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG CABUT BEASISWA PENDIDIKAN CALON MAHASISWA BERPRESTASI | MIXED FRESH INFO

UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG CABUT BEASISWA PENDIDIKAN CALON MAHASISWA BERPRESTASI

Posted by Mixed Fresh Info Selasa, 24 Mei 2011, under | 0 komentar
Program Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) disalahgunakan. Universitas Padjadjaran Bandung bakal mencabut beasiswa 15 mahasiswa, karena mereka ternyata dari keluarga kaya. Tahun ini, 150 dari 474 calon mahasiswa baru yang dijaring program Bidik Misi, sedang ditimbang ulang.

Menurut Rektor Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia, program Bidik Misi seharusnya menjadi hak calon mahasiswa baru dari keluarga miskin yang lolos tes akademik. Kenyataannya, jalur masuk perguruan tinggi negeri itu disalahgunakan pihak pendaftar. "Banyak orang yang dimasukkan ke Bidik Misi padahal keluarganya mampu, ini zalim, karena memakan hak orang miskin," kata Ganjar di gedung rektorat Unpad, Selasa, 24 Mei 2011.

Rektorat menemukan fakta dari hasil pemeriksaan langsung ke rumah penerima beasiswa Bidik Misi perdana, yaitu mahasiswa angkatan 2010. Dari foto-foto yang ditunjukkan kepada wartawan hari ini, penerima beasiswa ternyata tinggal di rumah mewah atau rumah besar bertingkat dua. Temuan itu diperoleh di berbagai daerah, seperti Cianjur, Lampung, Pulau Samosir, Bali, Palembang, dan Padang.

Ganjar mengatakan, ada 15 mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi yang tinggal di rumah mewah itu. Tahun depan, uang beasiswa mereka akan dicabut dan dialihkan ke mahasiswa lain yang benar-benar miskin. "Kami sudah berikan temuan ini ke Direktorat Pendidikan Tinggi, rekomendasi kami ke kampus lain agar hati-hati menerima calon mahasiswa dari Bidik Misi," kata Ganjar.

Menurut Ganjar, masalah itu berawal dari pendaftar, yaitu orang tua atau sekolah yang merekomendasikan siswanya. Awalnya Universitas Padjadjaran percaya sepenuhnya, namun akhirnya membentuk tim pemeriksa yang disebut Ganjar sebagai program iseng. Agar tak lagi kecolongan, Universitas memperketat syarat masuk Bidik Misi. Pembantu Rektor Bidang Akademik Husein H Bahti, mengatakan kriteria utama miskin itu dilihat dari pendapatan orang tua. "Di bawah Rp 600 ribu per bulan per kepala itu miskin," kata Bahti. Kriteria lainnya dilihat dari kondisi hunian keluarga pendaftar.

Tahun ini, Universitas Padjadjaran menyaring 6 ribu-an pendaftar jalur beasiswa Bidik Misi. Dari hasil tes akademik, 474 mahasiswa lolos. Kepada para orang tua yang dikumpulkan kemarin, rektorat meminta agar mahasiswa keluarga mampu bersedia melepas hak beasiswanya dan membayar uang kuliah. "Sekitar 150 orang tua mahasiswa sekarang menyatakan sedang pikir-pikir," kata Bahti. Jika ada kelebihan kursi dari hasil verifikasi mahasiswa jalur Bidik Misi itu, akan dipakai untuk menambah kuota jalur undangan.

Bidik Misi diluncurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional mulai 2010. Beasiswa untuk calon mahasiswa miskin namun berprestasi itu menggratiskan biaya kuliah hingga lulus. Penerima juga mendapat uang saku Rp 500 ribu per bulan. Tahun ini pemerintah menyediakan beasiswa untuk 20 ribu calon mahasiswa di 117 perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

Sumber : tempo interaktif

One Response to "UNIVERSITAS PADJADJARAN BANDUNG CABUT BEASISWA PENDIDIKAN CALON MAHASISWA BERPRESTASI"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.