KUNJUNGAN KERJA PADA MASA RESES ANGGOTA DPR | MIXED FRESH INFO

KUNJUNGAN KERJA PADA MASA RESES ANGGOTA DPR

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 11 Mei 2011, under , | 0 komentar
Masa reses seharusnya digunakan sepenuhnya oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk bertemu konstituen secara langsung di daerah pemilihan. Sayangnya, waktu itu dipotong lebih kurang satu minggu untuk berangkat ke luar negeri. Lima komisi plus Badan Urusan Rumah Tangga memanfaatkan masa reses untuk berangkat ke sejumlah negara dengan judul "kunjungan kerja".

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan pernah mengatakan, rapat konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi saat pembukaan masa sidang beberapa waktu lalu, menyepakati bahwa Dewan akan lebih transparan. Kunjungan kerja ke luar negeri harus diawali dengan publikasi terbuka kepada masyarakat, mengirimkan kabar perkembangan selama kunjungan kerja, dan mempublikasikan hasil kunjungan kerjanya secara terbuka. Sayangnya, sebelum pergi, tak satu komisi pun yang terbuka atas agenda dan jadwal kerjanya. Ketua Komisi VIII Abdul Kadir Karding mengatakan, rombongan yang dipimpinnya ke Australia tak bisa memberikan keterangan pers sebelum pergi karena kepepet waktu.

Diantara komisi yang ada di DPR hanya Wakil Ketua Komisi I DPR Hayono Isman menjelaskan bahwa sebagian anggota komisi akan berangkat ke AS pada 1-7 Mei untuk kepentingan Rancangan Undang-Undang Intelijen yang menjadi Prolegnas di masa sidang IV tahun 2010-2011, juga untuk memperoleh informasi mengenai alat utama sistem persenjataan. Informasi itu pun di dapat setelah jurnalis bertemu di ruang komisi pada 15 April yang lalu.

Wakil Ketua DPR Pramono Anung menegaskan, anggota Dewan harus sesegera mungkin mempublikasikan hasil kunjungan kerjanya ke luar negeri kepada publik. Menurut Pramono, publikasi ini penting diumumkan kepada publik karena terkait dengan tugas-tugas anggota sebagai wakil rakyat yang menggunakan anggaran publik pula. Tapi hingga saat ini beberapa komisi belum juga mempublikasikan hasil yang diperolehnya dari kunjungan kerjanya ke luar negeri dan manfaat yang bisa di ambil buat kesejahteraan masyarakat. Jadi sampai kapan masyarakat bisa menunggu hasil kunjungan kerja tersebut ??

One Response to "KUNJUNGAN KERJA PADA MASA RESES ANGGOTA DPR"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.