PERNAK-PERNIK TAHUN BARU IMLEK | MIXED FRESH INFO

PERNAK-PERNIK TAHUN BARU IMLEK

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 02 Februari 2011, under , , , , | 1 komentar
Di postingan pertama bulan Februari 2011 ini aku bakal kembali membahas tentang perayaan tahun baru Imlek. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini aku tidak ingat kalau besok sudah imlek. Ini disebabkan karena tempat kerjaku yang baru tidak merayakan yang namanya Imlek atau tahun baru Cina yang terkenal dengan nama Gong Xi Fat Cai. Seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang hari Tahun Baru Imlek dipastikan hujan akan turun dengan lebatnya. Nah kebetulan hari ini hujan turun dengan derasnya dari pagi hingga malam. Apakah ini ada kaitannya antara hujan lebat dengan tahun baru Imlek??

Bagi masyarakat Tionghoa meyakini bahwa hujan besar merupakan pertanda rejeki yang bakal melimpah. Semakin deras hujan turun, semakin besar rejeki yang bakal kita peroleh karena hujan diibaratkan sebagai sumber rejeki. Selain itu, dalam perayaan Imlek terdapat berbagai macam pernak-pernik yang menghiasi seperti kue keranjang, manisan, jeruk, kue kura, moho, dan sambel goreng serta makanan yang berbahan dasar ikan. Tidak lupa, yang namanya angpau. Angpau yaitu uang yang dimasukan ke amplop merah dan dibagi-bagikan sebagai hadiah Imlek. Angpau diberikan kepada anak-anak dan orang yang belum menikah, karena dalam tradisi cina mereka yang sudah menikah saja yang boleh memberi angpau, sementara yang lajang dilarang memberi angpau. Sementara, meski sudah bekerja, orang yang belum menikah tetap berhak memperoleh angpau.

Tahun baru Cina yang akan dirayakan tanggal 3 Februari 2011 ini merupakan tahun kelinci emas. Menurut beberapa orang tahun kelinci itu akan lebih tenang dari Tahun Macan alias tahun lalu sehingga baik untuk mencari jodoh. Arti kelinci dalam bingkai tahun baru cina yakni kelinci merupakan hewan cerdik sehingga selalu ada solusi terbaik dari segala masalah. Jadi bagi teman-teman blogger yang merayakan Tahun Baru Imlek, aku mengucapkan "Gong Xi Fat Cai"

One Response to "PERNAK-PERNIK TAHUN BARU IMLEK"

  1. joe Says:

    selamat tahun baru imlek bagi yang merayakan, dan selamat hari libur untuk semuanya

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.