BAU MULUT ?? | MIXED FRESH INFO

BAU MULUT ??

Posted by Mixed Fresh Info Jumat, 25 Februari 2011, under | 0 komentar
Bau mulut memang sangat mengganggu, tetapi tak setiap orang menyadari ia memiliki masalah dengan bau mulutnya. Sebab, otak manusia menyesuaikan diri dengan bau tubuhnya. Berikut cara mendiagnosa diri apakah memiliki masalah dengan mulut.

Pertama cek warna lidah. Warna lidah yang merah jambu dan berkilat menunjukkan nafas yang sehat. Sedangkan lidah berwarna putih dan bersisik menunjukkan nafas yang bau. Cara lainnya, biasanya kita mencium bau mulut kita dengan mengatupkan kedua tangan di depan mulut, lalu mencium bau yang keluar dari mulut. Menuruyt Dokter Harold Katz seperti dikutip majalah Time menyarankan agar kita menjilat punggung tangan, lalu diamkan beberapa menit hingga kering, lalu cium baunya.

Setelah kita mengetahui punya bau mulut, berikutnya kita dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Paling penting adalah jangan sampai mulut kita kering, karena mulut kering menjadi tempat subur bagi bakteri. Air liur mengandung oksigen yang bisa menjadi senjata ampuh pembunuh bakteri. Bakteri tidak bisa hidup dengan adanya oksigen. Jadi banyak minum atau mengunyah permen bisa memicu produksi air liur dan menghilangkan bau mulut.

Makan permen atau menggunakan cairan pencuci mulut sebenarnya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Namun, cara itu tidak bisa bertahan lama. Cara lain yang lebih efektif adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Beberapa jenis makanan bisa memicu bau mulut, sebaiknya hindari jenis makanan seperti bawang putih, bawang merah, makanan berkari, dan ikan. Sedangkan minuman yang sebaiknya dihindari adalah bir, wine, kopi, dan soda.

Semua jenis makanan dan minuman itu mengandung bau tak sedap yang bisa diserap ke aliran darah. Coklat dan permen manis juga perlu dihindari, karena gula mendorong bakteri tumbuh di dalam mulut. Ada makanan yang bisa membantu menyembuhkan makanan. Antara lain teh hijau karena memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menghilangkan bau. Selain itu, kayu manis juga ampuh karena mengandung minyak essensial yang bisa membunuh berbagai jenis bakteri oral. Buah dan sayur kering seperti seledri atau apel juga bisa menjadi pilihan makanan yang bisa hilangkan bau mulut. Mengunyah makanan itu.

sumber : Tempo interaktif

One Response to "BAU MULUT ??"

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.