IMPOR BERAS DAN PENGHAPUSAN BEA MASUK BAHAN PANGAN | MIXED FRESH INFO

IMPOR BERAS DAN PENGHAPUSAN BEA MASUK BAHAN PANGAN

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 19 Januari 2011, under | 2 komentar
Pemerintah dalam rapat koordinasi mengkaji membebaskan 30 pos bea masuk produk pangan sebagai upaya stabilisasi harga pangan yang terus melambung. Kebijakan tersebut dibuat sebagai perlindungan pangan nasional. Namun pemerintah juga menjamin kebijakan ini tetap memperhatikan industri dalam negeri. Rapat koordinasi ini juga membahas draf Peraturan Presiden (Perpres) untuk mengantisipasi perubahan iklim yang estrim. Dalam Perpres itu terkandung ketentuan mengenai respons cepat pemerintah atau kementerian dalam mengantisipasi perubahan iklim yang berdampak pada bahan pangan. Draf aturan lain yang disiapkan pemerintah adalah Perpres mengenai pengadaan pupuk dan Perpres bantuan langsung benih unggul. Terakhir, menteri bidang ekonomi sepakat untuk melakukan perpaduan seluruh program stabilisasi pangan dan perlindungan sosial.

Pemerintah memastikan bahwa pembebasan bea masuk itu merupakan kebijakan jangka pendek. Sedangkan menurut Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso dikatakan Indonesia tak lagi harus mengimpor beras di tahun-tahun mendatang dengan cara sebagai berikut :
  1. Meningkatkan hasil produksi pertanian minimal 5 persen. Peningkatan produksi minimal 5 persen harus dilakukan didasarkan oleh beberapa alasan. Antara lain naiknya jumlah penduduk Indonesia 1,5 persen, dan membengkaknya konsumsi beras setiap tahun. Alasan terakhir peningkatan produksi itu, untuk cadangan nasional, karena semakin banyak cadangan beras dalam negeri maka harga akan semakin stabil.
  2. Penerapan diversifikasi pangan dengan tujuan selain mengurangi konsumsi beras juga untuk meningkatkan gizi masyarakat Indonesia.

One Response to "IMPOR BERAS DAN PENGHAPUSAN BEA MASUK BAHAN PANGAN"

  1. Dhana/戴安娜 Says:

    salam sahabat
    ehm kok efeknya sangat signifkan dengan perkemnabnagn pertanian ini jadinya terima kasih infonya

  1. joe Says:

    kasihan para petani, harus bersaing dengan beras impor dan yang diuntungkan adalah para importir

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.