PILOT AMERIKA SERIKAT DITEMBAK JATUH DI JAWA | MIXED FRESH INFO

PILOT AMERIKA SERIKAT DITEMBAK JATUH DI JAWA

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 26 Desember 2010, under , , , | 1 komentar
Riwayat serdadu Amerika Serikat bernama Cornelius Reagan ini sungguh mengharukan karena pesawat yang ditumpanginya ditembak di langit Jawa pada tahun 1942, semasa Perang Dunia II. Sebelum dibekuk serdadu Jepang, Reagen bertahan hidup di hutan Jawa dengan makan buah-buahan dan daging mentah binatang. Pekan ini, sebuah lembaga veteran perang di Miami, AS, menghargai pengorbanannya dengan Medali Tawanan Perang, setelah 65 tahun lepas dari penjara Jepang di Jawa dan usianya sudah 95 tahun.

Sebelumnya penghargaan yang diberikan kepada para veteran perang juga berupa celana pendek khusus. Celana pendek khusus ini hanya diberikan kepada veteran perang yang harus kehilangan kakinya akibat perang. Kondisi tersebut yang menyulitkan veteran ini mencari ukuran celana pendek yang sesuai saat harus mengenakan kaki palsu (prosthetics) membuat beberapa orang relawan Amerika Serikat sengaja membuatkan celana pendek yang dimodifikasi untuk para veteran perang pengguna kaki palsu.

Cornelius Reagan lahir di Lexington, Kentucky, itu bergabung sebagai kadet Angkatan Udara AS tahun 1940, setelah lulus Universitas Kenctucky. Tapi apes, penduduk Jawa menemukannya dan menyerahkan kepada Jepang. Padahal, untuk mengelabui penduduk, sebetulnya dia sudah sempat berdusta dengan menerangkan bahwa dirinya adalah koresponden media dari Irlandia, negara yang saat itu netral.

Dalam penjara Jepang, Reagan disuruh membaca propaganda soal sistem alamat penduduk. Reagen dibebaskan dan diselamatkan oleh tentara Inggris pada September 1945, sebulan setelah Proklamasi Kemerdekaan RI. Ia tetap berdinas di militer sampai pensiun tahun 1961 dan hidup bersama keluarganya di Miami.

One Response to "PILOT AMERIKA SERIKAT DITEMBAK JATUH DI JAWA"

  1. megi Says:

    orang yg hebat ^^

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.