STATUS GUNUNG MERAPI | MIXED FRESH INFO

STATUS GUNUNG MERAPI

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 25 Oktober 2010, under , , , , | 1 komentar
Aktivitas gunung Merapi semakin hari semakin menunjukkan peningkatan aktivitas dari siaga menjadi awas. Karena peningkatan statusnya menjadi level AWAS maka proses evakuasi terhadap penduduk usia lanjut, anak-anak, ibu hamil telah dilakukan oleh pemerintah daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung Merapi merupakan gunung berapi termuda di bagian selatan Pulau Jawa danterletak di zona subduksi yakni berada diantara lempeng Indo-Australia hingga Lempeng Eurasia. Gunung Merapi juga merupakan gunung berapi yang paling aktif di seluruh dunia karena aktivitasnya yang terbagi menjadi 2 yakni jangka pendek dan jangka panjang. Aktivitas jangka pendek meliputi letusan yang terjadi setiap 2 hingga 4 tahun sekali, sedangkan jangka panjangnya meliputi letusan yang terjadi setiap 10 hingga 15 tahun sekali.

Jika kita berbicara tentang gunung Merapi jadi ingat tentang sosok juru kunci Gunung Merapi yakni Surakso Hargo alias Mbah Marijan. Seperti kejadian letusan tahun 2006 yang lalu, mbah marijan tidak mau mengungsi karena yakin Merapi tidak akan meletus dan keyakinannya terbukti karena Merapi tidak meletus tetapi cuma muncul sebuah pulau kecil di tengah-tengah kawah. Untuk itu hingga saat ini sang juru kunci Merapi belum bersedia mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandriyo di Yogyakarta, perkembangan aktivitas seismik Gunung Merapi yang berbeda ketimbang letusan-letusan sebelumnya menimbulkan kekhawatiran terjadinya letusan yang eksplosif dan berubah arah. Kekhawatiran tersebut muncul karena perkembangan aktivitas seismik yang ditandai dengan peningkatan gempa multiphase, vulkanik, dan guguran sudah cukup tinggi namun sampai sekarang belum muncul titik api yang menandakan bahwa magma sudah sampai di permukaan. Perubahan arah letusan mungkin dari semula ke selatan yaitu masuk ke Kali Gendol menjadi ke arah barat menuju ke Kali Kuning dan Kali Boyong. Hal ini bisa dilihat dari deformasi yang cenderung mengarah ke selatan.

One Response to "STATUS GUNUNG MERAPI"

  1. ReBorn Says:

    kabar terakhir saya dengar mbah marijan sudah mau dipindahkan pak. apa saya salah denger ya.

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.