LIMBAH KANTONG PLASTIK | MIXED FRESH INFO

LIMBAH KANTONG PLASTIK

Posted by Mixed Fresh Info Senin, 18 Oktober 2010, under , | 6 komentar
Jika kita belanja di supermarket atau toko dalam jumlah banyak pastinya memerlukan kantong plastik untuk menampungnya hingga ke rumah. Namun ketika sudah sampai dirumah banyak yang membuang kantong plastik ke tempat sampah karena menganggapnya sebagai barang yang tidak berguna. Padahal jika kita memiliki kreatifitas yang tinggi kantong plastik bisa diolah menjadi barang yang berguna. Seperti diketahui kantong plastik memerlukan waktu hingga 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakarannya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia yang dapat memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, dan memicu depresi.

Bagi lingkungan, kantong plastik juga mengakibatkan banjir, karena menyumbat saluran-saluran air dan tanggul sehingga mengakibatkan banjir bahkan yang terparah merusak turbin waduk. Kantong plastik juga menjadi salah satu penyebab perubahan iklim utama di mana sejak proses produksi hingga tahap pembuangan, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Nah berbekal keprihatinan atas limbah kantong plastik tersebut seorang pemuda lulusan Fisika yang bernama Beni Chandra mencoba mengubah kantong plastik dari limbah menjadi barang yang berguna. Iapun mengolah kantong kresek menjadi biji plastik bahan daur ulang yang banyak diburu perusahaan plastik bukannya sekedar bicara tentang global warming. Kini dari limbah kantong plastik ia bisa memiliki empat mesin produksi biji plastik, membuka lapangan kerja bagi warga sekitar dan mendapatkan keuntungan sebesar 12 juta rupiah per bulan.

One Response to "LIMBAH KANTONG PLASTIK"

  1. BAchGEUR Says:

    wooww....nice topic.

    that's why gw ga suka kl beli sesuatu d supermarket dg banyak2 kantong plastik,apa lagi kalau harus dipisah2in antara produk sabun,snack2 or makanan lainnya yang emang dh kebungkus rapett.
    sukur2 kita bs bawa kantong kresek bekas or tas lainnya dr rumah,kayak ibu2 d pasar tradisional.

    so,ga ada salahnya jg kl qt mulai dg ngurangin n menolak penggunaan plastik scara berlebihan,n itu bs kita mulai dr diri kita sndri..^_^

    *GO GREEN*
    -BUMIKUBUMIMU-

  1. Winny Widyawati Says:

    Betul, kita perlu dunia tanpa plastik kini, kecuali utk hal yg tak bisa diganti dg bahan lain. Masalahnya sosialisasi ke masyarakatnya gmn, selama pengusaha2 msh memproduksi bahan plastik, ya masyarakat mau nggak mau tetap akan menggunakannya

  1. Gaphe Says:

    kalo saya beli barang kebetulan bawa tas punggung, saya selalu minta masukin tas saya ajah.. soalnya saya nggak mau koleksi sampah plastik di kosan :(

  1. Ferdinand Says:

    klo aku kan biasanya bwa tas jadi ya klo beli apapun ditaro di tas hhe... tapi klo pas gak bawa.. aku biasanya malah minta dobel Plastik sama Mbak2 kasir soalnya plastiknya tipis2 haha....

    klo gak tiap mau ke supermarket bawa plastik sendiri aja ya haha.... jadi kan limbahnya gak nambah kwkw...

    >> wah HPnya sama2 jadul kaya aku haha... untuk speednya ada sih caranya tapi udah lama gak aku coba jadi aku ragu masih bisa dipake atau gak hhe..

    happy blogging n semangat :P maaf telat

  1. ReBorn Says:

    dari sumber bacaan saya malah sampah plastik tidak bisa terukur jangka waktu untuk terurainya. menyedihkan dan mengerikan sekali plastik ini.

  1. Didiet Says:

    jika di bakar kantong plastik juga menimbulkan polusi udara...hmmm

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.