PENDETEKSI SERANGAN JANTUNG | MIXED FRESH INFO

PENDETEKSI SERANGAN JANTUNG

Posted by Mixed Fresh Info Rabu, 08 September 2010, under , , , | 5 komentar
Rambut dan jantung, keduanya merupakan sesuatu yang bertolak belakang. Betapa tidak rambut bagi sebagian orang khususnya wanita merupakan mahkota yang harus selalu dilindungi dan dirawat, sedangkan jantung merupakan bagian vital dari tubuh manusia yang membuat seseorang bisa tetap hidup. Memang belakangan ini rambut sering dijadikan alat untuk menambah rasa percaya diri agar dianggap mengikuti mode yang lagi ngtren dengan cara mengecat rambut, merebonding, dan lain-lain. Ratusan ribu uang siap dikeluarkan untuk mendapatkan rambut yang sesuai dengan mode trend masa kini.

Tapi tahukah teman-teman ternyata rambut bisa mendeteksi tingkat stres yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Seperti yang dikutip dari tempo interaktif, dimana penelitian yang dilakukan oleh Gideon Koren dan Stan Van Uum dari University of Western Ontario, London. Hasil penelitiannya memberikan bukti penanda biologis untuk menunjukkan stres kronis memainkan peran penting dalam serangan jantung. Mereka mengembangkan metode untuk mengukur kadar kortisol dalam rambut yang bisa memberikan penilaian akurat tentang tingkat stres dalam bulan-bulan sebelum terjadinya serangan jantung.

Kortisol dianggap sebagai hormon stres. Sekresinya meningkat selama seseorang mengalami stres. Biasanya hal ini diukur dalam serum, urin, dan air liur, tapi itu hanya menunjukkan stres pada saat pengukuran, tidak lebih dari periode waktu yang lebih lama. Kortisol juga ditangkap dalam batang rambut. Selain itu olahraga musim dingin ataupun berwisata mengunjungi situs wisata pegunungan dingin lainnya bisa meningkatan risiko untuk serangan jantung karena suhu rendah.

One Response to "PENDETEKSI SERANGAN JANTUNG"

  1. ReBorn Says:

    enak yang botak dong, ga pernah stres. soalnya hormon stresnya sedikit, ga bisa disimpen dirambut sih. ghehehehe...

  1. Herdoni Wahyono Says:

    Tampaknya penyakit jantung telah menghinggapi dan menyerang banyak manusia di dunia ini. Ternyata penyakit ini juga berhubungan dengan tingkat stres. Kalau begitu kita harus dapat memanajemen hati kita agar tidak mudah stres. Trims sharingnya sobat. Salam sukses.

  1. Muza elbanaf Says:

    rambut seperti jg kuku adalah bagian tubuh kita dan ada jaringan pembuluh darah. Itu knp rambut n kuku bisa jg buat tes DNA.

    Kalo skarang dikembangkan buat tes jantung ya tmbah bagus. Buat liat org stres gampang kok liat aja kalo rambut awut-awutan muka kecut, ya stress pastinya.

    Itu kenapa dalam islam setiap muslimah yg berhalangan diharapkan tdk potong kuku n rambut karna bag tubuh tsb blm suci.

  1. Eka ninjitsu Says:

    Jantung memang harus di jaga kestabilannya, .. lebih bagus lagi jgn Strees lah hehehe... hdp jalani aja apaadanya...
    met sore sobat...

  1. http://edykkt.blogspot.com Says:

    waduh2.. apa q termasuk yg setres ya.. huuuft..

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.