IZIN OPERASIONAL BANK DITUTUP | MIXED FRESH INFO

IZIN OPERASIONAL BANK DITUTUP

Posted by Mixed Fresh Info Minggu, 19 September 2010, under , , , | 4 komentar
Krisis moneter yang melanda Indonesia beberepa tahun yang lalu membuat banyak usaha mengalami kerugian dan bank-bank swasta ditutup oleh swasta. Nilai tukar rupiah terhadap dollar yang sempat menembus Rp 15.000,- per dollar membuat "bantuan" luar negeri menjadi meningkat dan menyebabkan lengsernya rezim Soeharto. Nah ketika itu terjadi kepanikan di masyarakat karena harga-harga barang meningkat dan banyak terdapat penggangguran karena beberapa bank-bank yang menyerap tenaga kerja, dilikuidasi dan dibekukan izin operasionalnya. Aku ingat cerita temanku dimana pada waktu itu ia dan rekan-rekannya mendapat informasi bahwa tempatnya bekerja aman dari rencana likuidasi karena modal yang dimiliki perusahaan dan tingkat kesehatannya dinyatakan baik-baik saja oleh pihak manajemen. Namun tanpa disangka-sangka ketika esok paginya pemerintah mengumumkan melalui Bank Indonesia ternyata tempatnya bekerja merupakan salah satu dari sekian banyak bank umum yang harus dilikuidasi dan dibekukan izin operasionalnya.

Memang beberapa waktu sebelumnya perbankan di Indonesia sempat mengalami kejadian yang agak mengejutkan dimana Bank Century gagal kliring yang menyebabkan bank tersebut terpaksa diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Akhirnya anggota DPR mengeluarkan opsi bertanya kepada pemerintah tentang penyelamatan Bank Century yang mengundang kontroversi tersebut. Kejadian yang melanda Indonesia beberapa tahun yang lalu akhirnya melanda negara Amerika Serikat yang melakukan pembekuan izin enam bank diantaranya tiga bank di Georgia yakni Bank of Ellijay dengan aset sebesar 168,8 juta dollar AS, First Commerce Community Bank of Douglasville dengan aset sebesar 248, 2 juta dollar AS dan Peoples Bank yang beraset sebesar 447,2 juta dollar AS. Sedangkan tiga bank lainnya yakni ISN Bank di New Jersey yang beraset 81,6 juta dollar AS, Bramble Savings Bank of Milford di Ohio yang beraset sebesar 47,5 juta dollar AS dan Maritime Savings Bank yang berbasis di Wisconsin beraset 350,05 juta dollar AS. Pencabutan izin operasionalnya oleh otoritas perbankan Amerika Serikat disebabkan karena banyak kredit properti yang macet (kompas). Hal ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah jangan sampai penutupan bank-bank di luar negeri mempengaruhi keadaan ekonomi dalam negeri.

One Response to "IZIN OPERASIONAL BANK DITUTUP"

  1. Gaphe Says:

    duh.. nggak kebayang kalo nasabah yang nyimpen duitnya tiba2 besok pagi dikash tau kalo bank tempat dia nyimpen dilikuidasi.. *pasti khawatir sama dutnya lah ya,,*

  1. four dreams Says:

    kalo ditutup harus kemana izinnya -_-

  1. BRI Jakarta Veteran Says:

    kebanyakan semua kejadian tersebut disebabkan "Salah Urus" ...

  1. Ferdinand Says:

    Waduh itulah knp klo nyimpen uang di bank yang terkenal aja jadi klo sewaktu2 ada kejadian gni gak perlu khawatir hhe... klo nyimpennya di bank kaya Century ya gtu lah kejadiannya he...

    maaf baru bisa mampir.... piye kbrmu SOb??? sehat toh kowe?

Terima kasih anda telah berkenan berkunjung dan meninggalkan komentar. DIHARAPKAN tidak melakukan SPAM, SARA, dan memasang link di komentar. Maaf Jika dilanggar maka komentarnya akan dihapus selamanya.